Info Mayata

Menyajikan segala informasi yang dijumpainya di dunia maya dengan ringkas

Mengenal Superuser Android

Bagi anda yang pernah root perangkat android, aplikasi superuser tidak asing lagi. Apakah superuser tersebut? Pada artikel ini tips droid hendak berbagi kepada anda tentang superuser pada android. Mari kita berbagi bersama.

Android merupakan sistem operasi perangkat bergerak berbasis pengembangan linux, oleh karena itu aktifitas pada android tidak jauh dari linux. Oleh karena itu jika pada linux anda mendapatkan istilah "root" dan "sudo/superuser do", maka pada android anda akan mendapatkan istilah yang sama. Pada artikel sebelumnya tips droid telah berbagi tentang seputar root android dan artikel ini berkaitan dengan artikel tersebut.

Apakah superuser?
Superuser adalah istilah yang digunakan untuk memberikan kewenangan agar user biasa dapat bertingkah seperti super user (sudo --> super user do) sehingga user biasa pun dapat leluasa "menguasai sistem". Jadi buat apa ada Super User jika setiap user dengan mudah menguasai sistem? Bukankah ini berlawanan dengan masalah keamanan? Sebagai contoh: seorang user biasa dapat menjadi SU maka ia dapat mengubah sendiri konfigurasi sistem sesuai keinginan user tersebut.

Apakah superuser pada android?
Superuser pada android menyerupai pada linux, dimana anda akan mendapatkan akses superuser untuk "menguasai sistem". Namun secara awam pada android, superuser dikenal dalam bentuk aplikasi, walaupun berbentuk aplikasi, sebenarnya superuser sendiri lebih bertitik berat pada akses user biasa untuk dapat "menguasai sistem" bukan nama aplikasi tersebut.

Aplikasi superuser adalah aplikasi yang mengelola apakah aplikasi pada perangkat yang telah anda root memiliki akses ke sistem sebagai superuser. Aplikasi yang diberikan su memiliki izin tertinggi untuk dapat memodifikasi hampir semua bagian dari sistem. Aplikasi ini pada awalnya ditulis oleh zinx, dan developer chainsDD mengambilnya dan membuatnya lebih bisa digunakan. Aplikasi ini terdiri dari dua bagian, Superuser.apk dan binary su.

Superuser.apk berjalan sebagai aplikasi lainnya dan memberikan Anda, pengguna, tempat untuk melihat apa aplikasi yang telah diizinkan atau ditolak, serta melihat log apa aplikasi telah menggunakan su saat.

Binary su adalah apa aplikasi lain, jika mereka membutuhkan hak superuser. Biner memeriksa database yang dikelola oleh Superuser.apk untuk menentukan apakah anda telah memberikan hak untuk meminta aplikasi, dan jika tidak memberitahu Superuser.apk untuk menampilkan prompt meminta izin kepada anda.
Aplikasi superuser biasa muncul pra-instal pada setiap ROM yang telah root. Bahkan, tanpa itu, anda tidak memiliki perangkat root sama sekali. Sebaiknya anda tidak menghapus itu, superuser berada pada partisi sistem dengan aplikasi lain yang datang pra-instal pada perangkat Anda. Hal ini dapat diperbarui  jika pengembang ROM tertentu telah menggunakan versi yang sesuai.

Dimanakah saya mendapat aplikasi superuser?
Aplikasi tersebut biasa bersama pada ROM yang telah root, atau anda dapat install / update aplikasi tersebut dari play store, untuk download silakan klik gambar di bawah ini.

Setelah mendapat akses sistem dari aplikasi superuser, apa saja yang bisa saya lakukan?
Setelah anda mendapat akses superuser dan dipermudah mengelola dengan install aplikasi superuser, maka anda dapat menguasai sistem tersebut, mulai dari edit, cut, copy, paste dan sebagainya. Pada artikel ini saya hanya menjelaskan pengenalan superuser. Untuk perintah dan langkah ataupun lainnya yang terkait dengan sistem tersebut dapat anda cari pada mesin pencari google atau artikel lain pada blog ini.

Apakah untuk mendapat akses superuser, saya harus install aplikasi superuser.apk?
Tidak, sebenarnya tidak harus superuser.apk , namun superuser.apk lebih popular digunakan dibanding cara lain. Sebagai contoh anda dapat mengunakan aplikasi superSU yang dapat anda download dengan klik di bawah ini.

Apakah superSU dan apa perbedaan superuser dengan superSU?
SuperSU merupakan alternatif lain aplikasi untuk memperoleh akses superuser selain menggunakan aplikasi superuser seperti yang telah saya jelaskan di atas. Superuser dan supersu secara fungsional sama dan nyaris tidak memiliki perbedaan, namun beberapa pendapat di forum besar android seperti pada android forum, xda dan beberapa lainnya menurut pendapat mereka, supersu memiliki fitur lebih bagus dan lebih cepat dibanding superuser pada versi 4.0 ke atas khususnya pada jelly bean, selain itu supersu memiliki akses lebih pada system yang tidak dimiliki oleh aplikasi superuser, namun secara popularitas superuser lebih terkenal dibanding supersu.

Bagaimana cara install superSU?
Cara install superSU dengan replace superuser menjadi superSU:
1.Download superSU (link ada di atas)
2.Setelah download dan install selesai, buka aplikasi supersu maka secara otomatis supersu minta ijin anda untuk melakukan update binary, klik setuju dan setelah itu akan muncul ijin dari superuser, klik allow dan biarkan update untuk beberapa saat.
3.Setelah update binary selesai, silakan keluar dari supersu. Kemudian masuk pada setting > pengaturan aplikasi. Paksa berhenti aplikasi superuser agar anda dapat uninstall superuser tersebut.
4.Setelah itu masuk pada file manajer yang memiliki akses ke sistem sebagai contoh aplikasi root xplorer atau es file manajer. Klik akses root sistem maka akan muncul permintaan ijin dari supersu untuk akses sistem. Setelah itu masuk pada system/app kemudian temukan superuser.apk lalu hapus file tersebut.
5.Setelah selesai maka icon superuser akan hilang dan akan menjadi supersu. Sebagai contoh tester untuk artikel ini, superuser (sebelum pada gambar sebelah kiri dan replace menjadi supersu pada gambar sisi sebelah kanan)


Bagaimana cara uninstall supersu?
1.Lakukan langkah di atas namun pada supersu digantikan superuser, pada langkah pertama install/update/replace binary supersu dengan binary superuser.

2.Setelah itu kemudian anda install superuser dan hapus supersu dengan cara yang sama seperti di atas.

Beberapa permasalahan yang terkadang ditemui pada superuser dan solusinya
Jika anda mengalami beberapa masalah terkait dengan aplikasi superuser sebagai contoh:
Q: superuser tidak berjalan sebagaimana mestinya.
A: pastikan aplikasi superuser dan binary berjalan, pastikan perangkat anda dalam posisi root sehingga memiliki hak akses, pastikan binary anda update. Jika masih error coba reinstall aplikasi superuser kemudian update binary.

Q: saya mendapat akses superuser namun saya tidak bisa edit/replace/delete aplikasi atau file pada system.
A: jika itu sebuah aplikasi, pastikan aplikasi editor atau file manajer memiliki permohonan ijin pada superuser dan akses sistem, jika sudah pastikan pula aplikasi tersebut tidak berjalan pada background sistem, jika berjalan cobalah untuk tutup paksa aplikasi tersebut terlebih dahulu

Q: ketika saya update binary pada superuser error.
A: jika update gagal, coba untuk clear cache aplikasi superuser dari setting>pengaturan aplikasi>superuser, jika masih gagal coba fix terlebih dahulu dengan aplikasi superuser update fixer, jika masih gagal update atau perangkat anda tidak kompatibel, cobalah update binary secara manual dengan install via cwm, file ada pada situs superuser kemudian anda download file binary terbaru sesuai dengan perangkat anda di sini.

Jika anda masih mengalami masalah selain masalah umum di atas anda dapat mencari solusi pada google atau forum android seperti XDA dapat juga menanyakan pada admin @droidindonesia atau menulis komentar pada blog ini.

Perhatian
Proses uninstall yang salah dapat menyebabkan perangkat anda kembali pada posisi unroot. DWYOR.

Sumber: http://tips-droid.blogspot.com/2013/01/mengenal-superuser-android.html




0 komentar:

Post a Comment

1. Berkomentarlah menggunakan kalimat yang baik dan sopan, serta sesuai topik Artikel di atas. Komentar yang tidak sesuai topik akan dihapus.

2. Tidak diperbolehkan menggunakan link hidup atau live link, link akan otomatis terhapus guna mencegah spam.

3. Sebelum bertanya, pastikan sobat sudah membaca seluruh isi Artikel.

4. Jika bertanya sesuatu, jangan lupa untuk memberi tanda centang pada Beri tahu saya atau Notify me agar sobat menerima pemberitahuan balasan melalui email.

5. Follow blog M-TAJUDDIN-NS untuk mendapatkan update Artikel terbaru dan jangan lupa tekan tombol share jika sobat merasa Artikel di atas bermanfaat.

Mengenal Superuser Android