Info Mayata

Menyajikan segala informasi yang dijumpainya di dunia maya dengan ringkas

Install Windows Emulator Untuk Android

Smartphone saat ini semakin canggih bahkan dalam segi perangkat keras lebih powerfull jika dibandingkan dengan spesifikasi hardware komputer pada kurun waktu 10-15 tahun yang lalu sehingga memungkinkan kita dapat menginstall OS pada waktu 10-15 tahun yang lalu seperti Windows 95 contohnya. Bagaimana caranya? Pada artikel tips droid ini, mari kita berbagi bersama tentang cara menjalankan windows pada android.

Artikel ini merupakan kebalikan dari artikel yang telah saya tulis pada tips droid sebelumnya tentang "Jalankan android pada PC" yang dapat anda baca di sini, namun pada artikel tips droid kali ini mari kita berbagi tentang "Install windows pada android".
Untuk menjalankan windows pada android memerlukan emulator, beberapa diantaranya adalah Qemu dan Bochs. Seperti layaknya emulator pasti memerlukan image agar aplikasi dapat berjalan, begitu juga dengan Qemu dan Bochs yang memerlukan image file juga.

Qemu vs Bochs
Qemu adalah emulator yang sangat cepat, tetapi mempunyai bug. SB16 emulasi bekerja, tetapi ada musik MIDI. Emulasi FPU tidak benar / tidak lengkap, sehingga dapat menyebabkan beberapa program untuk tidak menjalankan atau tidak berjalan sempurna. Jaringan tidak bekerja. Keyboard / mouse emulasi masih jauh dari sempurna.Windows 9x akan bekerja di QEMU jika anda akan menonaktifkan driver 32-bit disk di dalamnya. Ini adalah bug di Android (pread / pwrite fungsi tidak bekerja). Windows 9x akan berjalan dengan kecepatan sangat cepat.

Bochs merupakan emulatoru yang terlalu lambat untuk bisa digunakan, namun bochs sangat stabil dibanding dengan menggunakan qemu.

Cara install windows pada android
Pada artikel ini akan dibahas windows 95 pada android, namun bisa saja windows 98 atau xp, namun mengingat tidak semua pembaca tips droid menggunakan HH dengan spec yang tinggi maka saya memutuskan untuk windows 95.
Cara I Instal windows 95 untuk android dengan Qemu
1.Download file qemu95eng di sini atau mirror.

2.Cari folder "SDL" kemudian pindahkan pada root /sdcard. (di dalam folder tersebut terdapat file .apk yang harus anda install)

3.Install file "SDLapp.apk" yang berada di dalam folder "SDL". 

4.Pilih dan jalankan "libSDL" yang telah anda install tadi.

5.Tunggu beberapa saat untuk booting windows 95. 

6.Windows 95 akan berjalan pada android anda.
Cara II Instal windows 95 untuk android dengan Bosch 1.Download bosch di sinimirror kemudian anda install.
2.Download SDL di sinimirror.
3.Pasang disk image .img / .iso Windows 95 (untuk membuat img, anda bisa melihat caranya pada video di bawah ini atau pada forum XDA)

4.Jalankan bosch dan nikmati windows pada perangkat anda.
Tambahan, beberapa point penting yang harus anda perhatikan:
1.Pastikan memory perangkat anda tidak penuh, sehingga windows dapat berjalan lancar dan tidak crash. 
2.Waktu yang di butuhkan untuk melakukan loading windows terkadang relative lama, oleh karena itu bersabar (tergantung dari perangkat anda, berkisar durasi 10-20 menit) 
3.Artikel ini menggunakan referensi dari beberapa forum besar diantaranya XDA yang sebaiknya anda baca di sinidi sini dan di sini. 
4.Dalam referensi dikatakan oleh developer bahwa pada emulator ini mempunyai beberapa bug. 
5.Lakukan backup data sebelum anda memulai proses install windows pada perangkat anda. 
6.Dikarenakan windows berjalan pada x64-x86 CPU, maka tidak tertutup kemungkinan akan mengalami error ketika anda menjalankan pada perangkat android dengan ARM CPU. 
7.Jika perangkat anda tidak cukup kuat menjalankan windows 95, anda bisa mencari pada mesin pencari google untuk menjalankan windows 3.1.1 namun jika cukup kuat anda bisa mencoba untuk windows xp atau lebih. 
8.Terkadang tidak berjalan pada ROM tertentu dikarenakan penggunaan dalvik memory yang dapat membuat windows emulator tersebut force closed. 
9.DWYOR.







Sumber: http://tips-droid.blogspot.com/2012/10/install-windows-emulator-untuk-android.html





0 komentar:

Post a Comment

1. Berkomentarlah menggunakan kalimat yang baik dan sopan, serta sesuai topik Artikel di atas. Komentar yang tidak sesuai topik akan dihapus.

2. Tidak diperbolehkan menggunakan link hidup atau live link, link akan otomatis terhapus guna mencegah spam.

3. Sebelum bertanya, pastikan sobat sudah membaca seluruh isi Artikel.

4. Jika bertanya sesuatu, jangan lupa untuk memberi tanda centang pada Beri tahu saya atau Notify me agar sobat menerima pemberitahuan balasan melalui email.

5. Follow blog M-TAJUDDIN-NS untuk mendapatkan update Artikel terbaru dan jangan lupa tekan tombol share jika sobat merasa Artikel di atas bermanfaat.

Install Windows Emulator Untuk Android