Info Mayata

Menyajikan segala informasi yang dijumpainya di dunia maya dengan ringkas

Contoh Makalah Bahasa Indonesia yang Baik Benar

by Mimin Opers , at Sunday, September 14, 2014 , have 0 komentar
Contoh Makalah - Makalah adalah salah satu artikel utama dari blog contoh artikel ini oleh karena itu banyak artikel pada blog ini yang membahas tentang makalah baik itu contoh kata pengantar makalah, contoh pendahuluan makalah sampai contoh cover makalah dan lain - lain, silahkan anda menuju kategori makalah dan pidato untuk kumpulan artikel tentang makalah. Untuk panduan dalam membuat makalah silahkan baca di cara membuat makalah 

Makalah bahasa indonesia sebenarnya sudah saya posting di artikel sebelumnya hanya saja tema dari makalah tersebut yaitu tentang bahaya narkoba, silahkan baca di makalah bahasa indonesia bahaya narkoba dan berbeda dengan makalah tersebut, pada contoh makalah bahasa indonesia kali ini saya mengangkat tema tentang kedudukan bahasa indonesia serta peran bahasa indonesia dalam membangun bangsa.

Contoh Makalah

DAFTAR ISI
Pendahuluan............................................................................2
Latar  Belakang.......................................................................2
Rumusan Masalah....................................................................3
Tujuan Pembahasan.................................................................3
Pembahasan.........................................................................4
Keadaan Bahasa Indonesia di Indonesia..................................4
Kedudukan Dan Fungsi Bahasa Indonesia…….....................5
Peran Bahasa Indonesia Dalam Pembangunan.........................8
Peran Bahasa Indonesia Di Era Globalisasi...................................10
Penutup...................................................................................13
Simpulan.............................................................................13
Daftar Pustaka................................................................14
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
         Negara Indonesia adalah negara berkembang didunia. Sebagai bangsa yang dalam tahap proses kemandirian, indonesia tak luput dari berbagai permasalahan yang ada baik itu internal maupun eksternal. Hal ini tentunya sangat wajar, mengingat seiring perubahan zaman dari waktu ke waktu membuat bangsa ini harus mampu bertahan dan hidup mandiri.
            Globalisasi dan perdagangan bebas yang terjadi saat ini, mengharuskan Indonesia untuk mampu membangun dirinya sendiri. Karena itu, diperlukan strategi untuk membangun negara ini menuju Self Sufficiency Nation atau yang disebut bangsa yang mampu membangun dan memenuhi kebutuhannya sendiri.
               
            Keinginan warga Indonesia untuk mencintai dan membangun bangsanya tergolong rendah. Masih banyak warga Indonesia yang masih enggan untuk melakukan sesuatu untuk kepentingan negaranya sendiri seperti: membeli produk dalam negeri, menjaga lingkungan, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik maupun yang benar baik lisan maupun tulisan. Ini merupakan suatu permasalahan besar yang dihadapi negara ini dalam membangun eksistensinya menuju negara yang unggul.
1.2. RUMUSAN MASALAH
                Berdasarkan uraian diatas dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
Bagaimana keadaan bangsa Indonesia saat ini
Mengapa bahasa Indonesia penting dalam membangun bangsa?
Bagaimana bahasa Indonesia dapat membantu membangun bangsa ini?
1.3. TUJUAN PEMBAHASAN
Diharapkan mahasiswa mengerti akan keadaan bangsa Indonesia saat ini
Diharapkan mahasiswa dapat turut serta dalam membangun bangsa ini dan menjadi panutan warga Indonesia yang lain untuk membangun bangsa Indonesia.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1. KEADAAN BAHASA INDONESIA DI INDONESIA
Sebagai sebuah bangsa besar yang sedang membangun, Indonesia tentu memerlukan generasi penerus yang andal di berbagai bidang untuk mewujudkan masyarakat adil, makamur, dan merata. Untuk menciptakan generasi penerus bangsa, sebagai sumber daya manusia yang tangguh diperlukan pendidikan yang bermutu. Di Indonesia, kita lebih banyak mendapatkan pengetahuan dari berbagai disiplin ilmu dengan bahasa Indonesia baku dan benar. Bahasa Indonesia baku bagi sebagian besar orang merupakan bahasa kedua setelah menguasai bahasa pertama atau bahasa ibu. Walaupun sebagai bahasa kedua, bahasa Indonesia menjadi bahasa pengantar dalam dunia pendidikan. Karena itu, para generasi bangsa sudah seharusnya mengusai bahasa Indonesia agar memiliki banyak pengetahuan sehingga menjadi sumber daya manusia yang berkualitas dan dapat membangun bangsa ini secara optimal. Mendapatkan pengetahuan tentu tidak hanya dari jalur pendidikan formal, tetapi juga di masyarakat luas. Media informasi dan internet yang begitu pesat dapat kita gunakan sebagai sumber pengetahuan yang jika kita tidak mengikuti perkembangan informasi, kita akan menjadi orang asing di tanah kita sendiri!
2.2. KEDUDUKAN DAN FUNGSI BAHASA INDONESIA
       Secara formal sampai saat ini bahasa Indonesia mempunyai empat kedudukan, yaitu sebagai bahasa persatuan, bahasa nasional, bahasa negara, dan bahasa resmi. Dalam perkembangannya, bahasa Indonesia adalah bahasa budaya dan bahasa ilmu. Keenam kedudukan ini mempunyai fungsi yang berbeda, walaupun dalam praktiknya dapat saja muncul secara bersama-sama dalam satu peristiwa, atau hanya muncul satu atau dua fungsi saja. 
Dalam hubungannya sebagai alat pemersatu suku dan budaya yang memiliki latar belakang yang berbeda, bahasa Indonesia justru dapat menselaraskan hidup sebagai bangsa yang satu tanpa meinggalkan identitas kesukuan dan kesetiaan kepada nilai-nilai sosial budaya. Bahkan, dengan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuani, kepentingan nasional diposisikan jauh di atas kepentingan daerah dan golongan. 
       Latar belakang budaya dan bahasa yang berbeda-beda berpotensi sebagai penghambat hubungan antar daerah dan antar budaya. Tetapi, melalui bahasa Indonesia, etnis yang satu bisa berhubungan dengan etnis yang lain sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman. Apa pun latar belakang etnisnya, kita dapat bepergian ke pelosok tanah air dengan memanfaatkan bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi. Kenyataan ini berperan penting dalam penyebarluasan bahasa Indonesia dalam fungsinya sebagai alat perhubungan antar daerah dan antarbudaya. Semuanya terjadi karena semakin baiknya sarana perhubungan, bertambah banyaknya jumlah perkawinan antar suku, dan bertambah banyaknya perpindahan pegawai negeri atau swasta dari satu daerah ke daerah yang lain
             Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional mulau dikenal sejak 17 Agustus 1945 ketika bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya. Bahasa Indonesia mencerminkan nilai-nilai sosial budaya kebangsaan. Melalui bahasa nasional, bangsa Indonesia menyatakan harga diri dan nilai-nilai budaya yang dapat dijadikan pegangan hidup dan sebagai lambang identitas nasional
           Dengan di berlakukannyanya Undang-undang Dasar 1945, kedudukan bahasa Indonesia bertambah sebagai bahasa resmi. Dalam kedudukannya sebagai bahasa negara, bahasa Indonesia digunakan dalam  upacara, peristiwa, dan kegiatan kenegaraan, baik secara lisan maupun tulis. Pidato-pidato kenegaraan ditulis dan diucapkan dengan bahasa Indonesia.. 
      Penulisan dan penerjemahan buku-buku teks serta penyajian pelajaran di lembaga-lembaga pendidikan untuk masyarakat umum dilakukan dengan menggunakan bahasa Indonesia. Dengan demikian, masyarakat Indonesia tidak lagi bergantung kepada bahasa-bahasa asing (bahasa sumber). Pada tahap ini, bahasa Indonesia bertambah perannya sebagai bahasa ilmu.
2.3. PERAN BAHASA INDONESIA DALAM PEMBANGUNAN
            Bahasa Indonesia memiliki peran penting dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Fungsinya sebagai alat pemersatu dapat meminimalisir adanya gejolak yang mengancam kerukunan dan kesatuan bangsa Indonesia sehingga tercipta masyarakat yang kondusif yang pada akhirnya mempercepat proses pembangunan di berbagai bidang di seluruh wilayah nusantara. Proses pembangunan yang terfokus hanya dapat terwujud jika suatu bangsa dan masyarakatnya hidup dalam suana damai dan rukun dan bahasa Indonesia telah menjalankan perannya untuk menjaga stabilitas nasional yang merupakan syarat untuk mempercepat proses pembangunan dan dalam hal ini bahasa ini turut berperan dalam membangun Indonesia baik dari aspek manusianya maupun pembangunan infrastrukturnya.
            Dalam rangka memperkuat peran bahasa Indonesia dalam pembangunan bangsa Indonesi maka dibutuhkan pengembangan bahasa Indonesia itu sendiri. Seiring dengan perkembangan zaman, kebudayaan dan ilmu serta teknologi berkembang sedemikian rupa. Bahasa Indonesia pun berkembang mengikuti perkembangan tersebut. Pesatnya perkembangan kebudayaan, ilmu dan teknologi di dunia Barat membawa pengaruh terhadap perkembangan bahasa Indonesia, khususnya di bidang kosakata/ peristilahan. Di samping itu, luas wilayah pemakaian (tersebar dipulau-pulau yang secara geografis terpisahkan dengan oleh laut) dan besarnya jumlah penutur yang berlatar belakang (bahasa daerah dan kebudayaannya), memungkinkan terjadinya perubahan-perubahan di tiap-tiap daerah yang lama kelamaan akan berkembang menjadi dialek tersendiri. Oleh karena itu, perlu diadakan kontak terus menerus antara daerah yang satu dan daerah yang lain untuk menjaga keutuhan bahasa Indonesia. Perkembangan bahasa Indonesia itu harus diarahkan menuju ragam bahasa baku. Selanjutnya, ada beberapa dasar pembinaan bahasa Indonesia yang diharapkan memberikan semangat dan motivasi tinggi dalam membina dan mengembangkan bahasa Indonesia yang pada akhirnya juga akan memberikan semangat dalam membangun bangsa. 
2.3. PERAN BAHASA INDONESIA DI ERA GLOBALISASI
      Dalam proses perjalanan suatu bangsa, pastilah akan melakukan suatu hubungan dengan bangsa lain dan tidak terkecuali bangsa Indonesia yang mana semakin hari hubungan yang terjadi antar bangsa-bangsa di dunia menjadi semakin intens sebagai akibat dari perkembangan teknologi yang menciptakan hubungan antar berbagai negara semakin meluas
        Di era globalisasi ini, peran bahasa Indonesia perlu digalakkan oleh setiap warga negara. Hal ini bertujuan agar bangsa Indonesia tidak terbawa oleh pengaruh dan budaya asing yang tidak sesuai dengan bahasa dan budaya bangsa Indonesia. Pengaruh asing yang tidak sesuai dengan budaya bangsa hanya akan mengikis identitas bangsa indonesia dan salah satunya adalah bahasa Indonesia
          Pertukaran informasi yang sangat luas yang terjadi di era globalisasi seperti sekarang ini sangat rentan terhadap pergeseran nilai budaya dan salah satu cara yang dapat ditempuh untuk menghindari pergeseran nilai budaya adalah dengan kesadaran dan setia terhadap budaya asli bangsa indonesia yang salah satunya adalah bahasa indonesia
                 Sikap kesetiaan berbahasa Indonesia tercermin jika bangsa Indonesia lebih suka memakai bahasa Indonesia daripada bahasa asing namun tetap terbuka dengan budaya asing dengan memahami batasan-batasan yang tidak bertentangan dengan norma, etika, dan budaya sendiri. Bangsa Indonesia tidak mungkin menutup diri dari hubungan internasional. Oleh karena itu, bisa membedakan mana pengaruh positif dan mana pengaruh yang negatif adalah suatu keharusan.
          Era globalisasi merupakan tantangan bagi bangsa Indonesia untuk dapat mempertahankan diri di tengah-tengah pergaulan antarbangsa yang sangat rumit. Sikap positif dengan menunjukkan rasa cinta kepada bahasa, tanah air, dan memahami identitas bangsa adalah perisai untuk tetap eksis dalam era globalisasi tanpa harus merendahkan dan bersikap kaku terhadap budaya bangsa lain
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
       Secara formal bahasa Indonesia mempunyai empat kedudukan, yaitu sebagai bahasa persatuan, bahasa nasional, bahasa negara, dan bahasa resmi. Bahasa Indonesia memiliki peran penting di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Bahasa Indonesia juga berperan sebagai pemersatu dan pemberi jati diri bangsa, dengan demikian bahasa Indoensia dan juga bahasa daerah memiliki peran penting di dalam memajukan pembangunan masyarakat di dalam berbagai aspek kehidupan.
DAFTAR PUSTAKA
Karena ini hanyalah sebagai contoh pembuatan makalah maka untuk daftar pustaka tidak saya sertakan namun pada intinya daftar pustaka adalah sumber bahan/referensi yang anda jadikan rujukan dalam pembuatan makalah tersebut, misalnya anda mendapatkan sumber dari internet seperti wikipedia maka anda masukkan alamat/link dari sumber rujukan tersebut dan sebaiknya sumber referensi berasal dari banyak sumber yang kompeten dan obyektif tentunya.
Lihat juga contoh makalah lainnya di
Sumber : http://makalahproposal.blogspot.com/2014/06/contoh-makalah-bahasa-indonesia.html
Mimin Opers
Contoh Makalah Bahasa Indonesia yang Baik Benar - written by Mimin Opers , published at Sunday, September 14, 2014, categorized as Contoh . And have 0 komentar
No comment Add a comment

1. Berkomentarlah menggunakan kalimat yang baik dan sopan, serta sesuai topik Artikel di atas. Komentar yang tidak sesuai topik akan dihapus.

2. Tidak diperbolehkan menggunakan link hidup atau live link, link akan otomatis terhapus guna mencegah spam.

3. Sebelum bertanya, pastikan sobat sudah membaca seluruh isi Artikel.

4. Jika bertanya sesuatu, jangan lupa untuk memberi tanda centang pada Beri tahu saya atau Notify me agar sobat menerima pemberitahuan balasan melalui email.

5. Follow blog M-TAJUDDIN-NS untuk mendapatkan update Artikel terbaru dan jangan lupa tekan tombol share jika sobat merasa Artikel di atas bermanfaat.

Cancel Reply
GetID

Arsip Artikel

Subscriber

Copyright ©2013 Info Mayata by
Theme designed by Damzaky - Published by BLOG MR.W
Powered by Blogger
-->