Info Mayata

Menyajikan segala informasi yang dijumpainya di dunia maya dengan ringkas

Ciri dan Hakikat Sosiologi

by MOH. Tajuddin N. S , at Wednesday, August 27, 2014 , have 0 komentar


Menurut Harry M Johnson, yang dikutip oleh Soejono Soekanto, Sosiologi sebagai ilmu mempunyai ciri-ciri sebgai berikut:

a). Bersifat empiris, yaitu didasarkan pada observasi dan akal sehat yang hasilnya tidak bersifat spekulatif.

b). Bersifat teoretis, yaitu selalu berusaha menyusun abstraksi dari hasil observasi yang konkret di lapangan dan abstraksi tersebut merupakan kerangka dari unsur-unsur yang tersusun secara logis dan bertujuan menjalankan hubungan sebab-akibat.

c). Bersifat komulatif, artinya teori-teori Sosiologi dibentuk berdasarkan teori yang sudah ada, kemudian diperbaiki, diperluas, dan diperhalus.

d). Bersifat nonetis, yang dipersoalkan dalam sosiologi bukanlah baik-buruknya fakta tertentu, akan tetapi menjelaskan fakta tersebut secara analitis.

Buku Sosiologi Suatu Pengantar yang ditulis oleh Soejono Soekanto, mengatakan bahwa Sosiologi adalah ilmu sosial yang murni, abstrak, rasional, dan empiris, bersifat umum, serta berusaha mencari pengertian umum. Menurut Pengertiannya, hakikat Sosiologi adalah sebagai berikut:

a). Sosiologi adalah ilmu sosial.


b). Sosiologi bukan merupakan disiplin ilmu normatif, melainkan disiplin ilmu kategoris, yang membatasi diri pada kejadian dewasa ini, bukan apa-apa yang terjadi atau seharusnya terjadi.

c). Sosiologi termasuk ilmu pengetahuan murni (pure-science), bukan ilmu pengetahuan terapan (applied science). Misalnya, para sosiolog mengemukakan pendapat yang berguna untuk petugas administrasi, pembentuk undang-undang diplomat, guru-guru, dan sebagainya.

d). Sosiologi termasuk ilmu pengetahuan abstrak, bukan ilmu pengetahuan konkret. Dalam Sosiologi, yang diperhatikan adalah bentuk pola peristiwa-peristiwa masyarakat.

e). Sosiologi bertujuan menghasilkan pengertian dan pola-pola umum, serta mencari prinsip-prinsip dan hukum-hukum umum dari interaksi manusia, sifat, hakikat, bentuk, isi, dan struktur masyarakat manusia.

f). Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang empiris dan rasional. Hal ini menyangkut metode yang digunakan.

g). Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan umum, bukan ilmu pengetahuan khusus.

See more at: http://mapel-ku.blogspot.com/2014/08/ciri-dan-hakikat-sosiologi.html#sthash.NhnEFtFa.dpuf
MOH. Tajuddin N. S
Ciri dan Hakikat Sosiologi - written by MOH. Tajuddin N. S , published at Wednesday, August 27, 2014, categorized as Ilmu Pengetahuan , Informasi . And have 0 komentar
No comment Add a comment

1. Berkomentarlah menggunakan kalimat yang baik dan sopan, serta sesuai topik Artikel di atas. Komentar yang tidak sesuai topik akan dihapus.

2. Tidak diperbolehkan menggunakan link hidup atau live link, link akan otomatis terhapus guna mencegah spam.

3. Sebelum bertanya, pastikan sobat sudah membaca seluruh isi Artikel.

4. Jika bertanya sesuatu, jangan lupa untuk memberi tanda centang pada Beri tahu saya atau Notify me agar sobat menerima pemberitahuan balasan melalui email.

5. Follow blog M-TAJUDDIN-NS untuk mendapatkan update Artikel terbaru dan jangan lupa tekan tombol share jika sobat merasa Artikel di atas bermanfaat.

Cancel Reply
GetID

Arsip Artikel

Subscriber

Followers

Copyright ©2013 Info Mayata by
Theme designed by Damzaky - Published by BLOG MR.W
Powered by Blogger