Info Mayata

Menyajikan segala informasi yang dijumpainya di dunia maya dengan ringkas

Menjelajahi Misteri Madura


Jika Anda diajukan sebuah kata: Madura, apa yang langsung muncul dalam benak Anda? Pulau dengan sebutan pulau garam, masyarakatnya yang keras, penduduknya yang tersebar di seluruh Indonesia, terkenal dengan tradisi carok nya. Benar jika itu yang ada di benak Anda semua.
Madura adalah nama pulau yang terletak di sebelah timur laut Jawa Timur Pulau Madura besarnya kurang lebih 5.168 km2 (lebih kecil daripada pulau Bali), dengan penduduk hampir 4 juta jiwa.

Sekedar info, Madura berasal dari kata Madu dan Darah. Anda bersikap sopan dan santun, Anda akan mendapatkan madu. Mendapatkan pelayanan dan keramahtamahan tanpa pamrih dari penduduk Madura asli. Jika Anda mengusik orang Mdura, maka mereka akan membela harga dirinya meski harus berdarah-darah.
Kami yakin cukup sehari saja Anda berada di pulau Madura, maka stigma bahwa orang Madura itu keras dan kasar saat itu juga luntur. Karena berinteraksi langsung dengan warga pulau Madura Anda akan mengerti betapa ramahnya mereka.
Namun kami di sini tidak akan mengajak Anda membahas itu. Kami di sini akan mengajak Anda untuk mengeksplore dan menjelajahi sisi lain dari pulau Madura, wisata dan keindahan alamnya serta kebudayaannya yang unik dan menjadi pembeda dengan pulau lainnya.
Mari kami ajak Anda mengeksplore pulau Madura. Jembatan Nasional Suramadu merupakan pintu masuk utama menuju Madura. Setelah melewati jembatan Nasional Suramadu, kami akan ajak Anda keliling mengeksplore pulau Madura.
Menuju ke kabupaten Pamekasan, kami ajak Anda untuk menikmati indahnya Vihara Avalokitesvara, Vihara Terbesar Kedua di Pulau Jawa (terletak di Kecamatan Galis, berdekatan dengan pantai Talang Siring). Dan malam harinya menikmati suasana akrab pulau Madura sambil membakar jagung di wisata Api Abadi atau Api Tak Kunjung Padam.
Selanjutnya Anda kami ajak menuju kabupaten paling ujung timur yaitu, Sumenep. Di Sumenep ini Anda kami ajak bernostalgia ke jaman dulu dengan mengeksplore Museum Keraton Sumenep II (satu-satunya Keraton dengan bukti sejarah paling lengkap dan terawat baik, asli dan tanpa polesan, mengalahkan keraton Jogja dan Solo).
Di kabupaten Sumenep ini Anda akan menikmati kembali indahnya pantai Indonesia, Pantai Lombang (dihiasi dengan deretan Pohon Cemara Udang, hanya terdapat di indonesia dan China). Kemudian kami ajak ke Taman Wisata Pulau Mamburit ( bagi Anda yang hobi Menyelam dan menikmati keindahan alam bawah Laut, selain itu digunakan untuk wind surfing berskala nasional dan Internasional) dan sebelum meninggalkan Sumenep, tak lengkap rasanya jika tidak membeli ukiran kayu Jati buat buah tangan
Perjalanan dilanjutkan kembali menuju ke kabupaten Bangkalan. Di sini Anda akan kami ajak ke  Sentra Batik Tulis di Tanjung Bumi Bangkalan. Batik gaya pesisiran khas madura ini konon sudah mendunia, motifnya juga bervaristif. Dari motif banjar ramo, rongterong, perkaper, ramo, serat kayu, dan panca warna, itu untuk motif yang paling banyak diminati pasar karena harganya yang murah meriah.
Adapun jenis yang mahal adalah batik Gentongan. Motif Batik Gentongan juga terdiri dari beberapa jenis, diantaranya : panji tukul, panji leko, panji susi, dan tasikmalaya. Kalau anda ingin mengunjungi, Sentra Batik Tulis di Tanjung Bumi Bangkalan Madura ini kurang lebih membutuhkan waktu satu jam dari kota bangkalan, atau berjarak 40 km.
Sebelum meninggalkan pulau Madura, Anda akan belum lengkap sebelum menikmati wisata kuliner pulau Madura. Bebek Sinjay Madura! Ikon kuliner yang satu ini sering sekali disebut oleh banyak orang ketika berbicara tentang kuliner di Madura. Memang bikin penasaran banget.
Sebenarnya apa sih istimewanya bebek yang satu ini? Ternyata memang beda, satu piring nasi hangat yang pulen dengan potongan daging bebek goreng disajikan dengan, ini yang unik, sambel mangga yang asem-asem pedes, benar-benar menggugah selera makan.
Atau Anda kurang begitu menyukai bebek goreng? Silakan menikmati sate Madura. Branding sate Madura sudah kemana-mana. Jangan mengaku pecinta sate sebelum Anda menikmati sate Madura sebelum menikmatinya langsung di pulau Madura. Dan masih banyak lagi jenis masakan daerah di Madura yang sangat menggugah nafsu makan Anda.
Kami yakin, berpetualang dan mengeksplore pulau Madura pasti akan membuat Anda jatuh hati terhadap pesona alamnya, keramahtamahan penduduknya, kelezatan wisata kulinernya. Dan pasti akan kembali lagi ke pulau Madura tuk bernostalgia. Oh ya, jangan lupakan jika Anda beruntung akan berkesempatan menonton Karapan Sapi. Sebuah perlombaan balap sapi yang hanya ada satu-satunya di Indonesia dan di dunia. (sant)

Sumber: http://dfunvacation.com/index.php/our-blog/4-menjelajahi-misteri-madura/4-menjelajahi-misteri-madura?start=57410




Menjelajahi Misteri Madura