Info Mayata

Menyajikan segala informasi yang dijumpainya di dunia maya dengan ringkas

Ciri-Ciri Ilmu Biologi

by Mimin Opers , at Wednesday, September 07, 2011 , have 1 comment
Biologi berasal dari kata bios, artinya hidup dan logos artinya ilmu. Jadi, Biologi adalah ilmu yang mempelajari segala yang hidup. Biologi dapat membantu manusia dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Biologi juga mengalami perkembangan yang pesat. Hal ini memungkinkan kita untuk memecahkan permasalahan yang masih menjadi 'rahasia alam'. Biologi merupakan kelompok ilmu murni (pure science), kedudukannya sama dengan ilmu fisika, kimia, dan matematika. Sedangkan ilmu terapan (applied science) misalnya ilmu kedokteran, ilmu pertanian, farmasi, dan lain-lain. Biologi sebagai ilmu murni sangat berperan dalam pengembangan ilmu terapan tersebut. Ciri-ciri ilmu biologi adalah sebagai berikut: 
1) memiliki objek kajian berupa benda-benda konkret, yaitu makhluk hidup;
2) ilmu tersebut dikembangkan berdasarkan pengalaman empiris, yaitu pengalaman yang dapat dilakukan setiap orang;
3) menggunakan cara berpikir logis, yaitu cara berpikir yang menggunakan logika, teratur, dan disiplin;
4) ilmu tersebut dikaji dengan menggunakan langkah-langkah yang sistematis. Contohnya, setiap orang yang    ingin membuktikan bahwa respirasi membutuhkan oksigen, bila langkah-langkah, situasi, dan kondisi sama maka di manapun penelitian dilaksanakan, hasilnya akan sama;
5) hasil kajian bersifat objektif, artinya selalu memihak kebenaran ilmiah;
6) hasil kajian bersifat hukum, yaitu ketentuan yang berlaku umum, di manapun diberlakukan, hasilnya akan sama, misalnya hukum Mendel.

original
Mimin Opers
Ciri-Ciri Ilmu Biologi - written by Mimin Opers , published at Wednesday, September 07, 2011, categorized as Ilmu Pengetahuan . And have 1 comment
1 comment Add a comment

1. Berkomentarlah menggunakan kalimat yang baik dan sopan, serta sesuai topik Artikel di atas. Komentar yang tidak sesuai topik akan dihapus.

2. Tidak diperbolehkan menggunakan link hidup atau live link, link akan otomatis terhapus guna mencegah spam.

3. Sebelum bertanya, pastikan sobat sudah membaca seluruh isi Artikel.

4. Jika bertanya sesuatu, jangan lupa untuk memberi tanda centang pada Beri tahu saya atau Notify me agar sobat menerima pemberitahuan balasan melalui email.

5. Follow blog M-TAJUDDIN-NS untuk mendapatkan update Artikel terbaru dan jangan lupa tekan tombol share jika sobat merasa Artikel di atas bermanfaat.

Cancel Reply
GetID

Arsip Artikel

Subscriber

Copyright ©2013 Info Mayata by
Theme designed by Damzaky - Published by BLOG MR.W
Powered by Blogger
-->