Info Mayata

Menyajikan segala informasi yang dijumpainya di dunia maya dengan ringkas

Tentang Kutil dan Cara Penanganannya

by Mimin Opers , at Saturday, July 26, 2014

Kutil dibagi mejadi beberapa macam, diantaranya :
1. Kutil Biasa (Veruka Vulgaris)
Kutil biasa (veruka vulgaris) disebabkan oleh HPV tipe 2 dan 4, paling sering timbul pada jari-jari, dorsum tangan, daerah paronikia, wajah, lutut dan siku. Lesi berupa papula berbatas tegas dengan permukaan kasar, keratotik dan tidak teratur. Jika permukaan diiris, sering terlihat titik hitam multipel yang menunjukkan lengkung kapiler dermis yang mengalami trombosis. Kutil periungual sering kali terasa nyeri dan dapat menyebar ke bawah lempeng kuku, memisahkannya dari dasar kuku.
2. Kutil Plantar
Kutil plantar, meskipun serupa dengan kutil biasa, kutil ini disebabkan oleh HPV tipe 1 dan biasanya disertai warna kemerahan pada permukaan telapak kaki karena tekanan berat badan terus menerus. Kutil ini mungkin terasa nyeri. Lesi serupa juga dapat terjadi pada telapak tangan. Lesi ini berbatas tegas, seringkali dalam lingkaran kalus yang tebal. Permukaan materi keratosis kadang-kadang harus diangkat sebelum kelompok kutil dapat terlihat. Kebalikan dengan kalus, kutil menghilangkan kerutan normal kulit.
3. Kutil Mosaik
Beberapa kutil dapat bersatu membentuk plak besar,hal ini dinamakan kutil mosaik.
4. Kutil Datar (Veruka Plana)
Disebabkan oleh HPV tipe 3 dan 10, yaitu berupa papula keratosis minimal, sedikit meninggi yang biasanya berukuran 3 mm dan memiliki warna yang bervariasi dari merah muda ke coklat. Kutil ini terjadi secara profus pada wajah, lengan, dorsum tangan dan lutut. Penyebaran lesi multipel sepanjang garis trauma kulit merupakan tanda diagnostik yang berguna. Lesi dapat tersebar pada daerah janggut oleh pencukuran dan dari garis rambut sampai ke kulit kepala karena penyisiran. Epidermodysplasia verruciformis,disebabkan terutama oleh HPV tipe 5 dan 8, muncul berupa papula verukosa multipel, difus. Sekitar 25% kasus bersifat familiar, terjadi karena pewarisan autosom resesif atau terkait X dan 3-10% penderita disertai karsinoma sel skuamosa pada kulit yang terkena paparan sinar matahari.
5. Kutil Genital
Infeksi HPV genital terjadi hampir 40% remaja dengan perilaku seks aktif, paling sering sebagai akibat infeksi HPV tipe 6, 11, 16 dan 18. Condylomata acuminata (kutil membran mukosa) merupakan lesi papilomatosa, membasah, seperti daging yang terjadi pada mukosa perianal. Kadang-kadang kutil ini dapat menyumbat meatus uretra atau introitus vagina. Karena terletak pada daerah lipatan, lesi ini menjadi membasah dan tergesek. Jika tidak diterapi, kondilomata berproliferasi dan menjadi menyatu, pada suatu saat membentuk massa besar seperti kembang kol.
Lesi juga dapat terjadi pada bibir, gusi, lidah dan konjungtiva. Kutil genital pada anak-anak dapat terjadi sebagai akibat penganiayaan seksual; setelah inokulasi pada saat lahir melalui jalan lahir atau penyebaran insidental dari kutil kulit.Pada sebagian besar kutil genital pada anak-anak biasanya diisolasi tipe HPV dari kutil kulit. Infeksi HPV pada serviks merupakan faktor resiko utama untuk berkembang menjadi karsinoma terutama jika infeksi disebabkan oleh HPV tipe 16 atau 18. Papilloma laringeal (respirasi) berisi HPV yang sama dengan papilloma anogenital. Penularan diduga terjadi dari ibu denga infeksi HPV genital ke neonatus yang tanpa sengaja menghisap virus infeksi pada saat lahir.

Penghilang Kutil

Kutil disebabkan oleh lapisan tanduk yang menebal karena regenerasi kulit dan pembentukan jaringan yang tidak sempurna. Bawang putih dengan sulfurnya bisa mengikis dan membuang lapisan tanduk yang menebal tersebut sehingga jaringan kulit menjadi normal kembali.
Gambar Bawang Putih
Berikut ini adalah cara pemakaian bawang putih untuk menghilangkan kutil, yaitu :
Cara Pertama :
- Tumbuk 1 siung bawang putih sampai halus
- Oleskan pada permukaan kulit yang terserang kutil
- Kemudian dibalut dengan perban atau kain kassa.
Cara Kedua :
- Siapkan 1 siung bawang putih kemudian dipotong
- Lalu balurkan pada kulit yang ditumbuhi kutil.
Sebaiknya dilakukan sampai kutil benar-benar menghilang hingga ke akar. Saat diobati, kulit terasa agak panas, kemudian menunjukkan tanda-tanda awalnya, yakni kulit yang sebelumnya kasar menjadi lembut dan empuk.

Obat Herbal untuk Kutil

Kutil atau veruka merupakan kulit yang meninggi menjadi benjolan yang kasar pada kulit. Kutil adalah sejenis tumor yang jinak pada kulit, berasal dari penebalan lapisan epidermis atau lapisan luar kulit yang berlebihan. Bentuk dan ukuran kutil sangat beraneka ragam. Ada yang berukuran sebesar kacang hijau atau kacang kedelai, namun ada juga yang tumbuh lebih besar dari itu. Biasanya kutil yang ukurannya sebesar kacang hijau jika disentuh tidak terasa sakit, tetapi jika ukurannya sudah sangat besar, jika disentuh bisa berdarah. Bila sudah besar biasanya bentuknya seperti bunga kol.
Penyebab tumbuhnya kutil adalah Human Papilloma Virus (HPV). Virus ini mampu menyerang kulit dan salah satu jenis penyakitnya yaitu menimbulkan kutil kecil-kecil di telapak tangan.
Kutil dapat dihilangkan dengan ramuan obat alami atau obat herbal.
Berikut ini merupakan cara alami menghilangkan kutil dengan obat herbal, di antaranya :
1. Cara Pertama
Bahan-Bahan :
- 5 lembar daun dewa
Cara Pemakaian :
- Tumbuk 5 lembar daun dewa sampai halus
- Kemudian balurkan pada kulit yang di tumbuhi kutil
- Setelah itu, bagian yang dibalurkan daun dewa tadi dibalut dengan mengunakan perban.
2. Cara Kedua
Bahan-Bahan :
- 15 – 60 gram Biji Jali kering
- 6 gelas air
Cara Pemakaian:
- Rebus biji jali kering ke dalam 6 gelas air, hingga menjadi 2 gelas
- Kemudian tunggu hingga dingin
- Lalu ramuan tersebut di minum 2 kali dalam sehari (masing-masing 1 gelas)
Sumber: http://menghilangkankutil.com/
Mimin Opers
Tentang Kutil dan Cara Penanganannya - written by Mimin Opers , published at Saturday, July 26, 2014, categorized as Informasi , Kesehatan , Tips dan Trik
Comment disabled

Arsip Artikel

Subscriber

Copyright ©2013 Info Mayata by
Theme designed by Damzaky - Published by BLOG MR.W
Powered by Blogger
-->