Info Mayata

Menyajikan segala informasi yang dijumpainya di dunia maya dengan ringkas

Cara Menambah Key Registry Bila Regedit Tidak Dapat Dibuka

by MOH. Tajuddin N. S , at Friday, July 25, 2014
Regedit atau Registry Editor adalah fitur paling umum yang digunakan oleh pengguna komputer ketika hendak melakukan modifikasi key registry untuk berbagai keperluan. Fungsi regedit memudahkan pengguna untuk menambah, mengedit dan menghapus registry tanpa harus khawatir terjadi kesalahan. Meskipun demikian, pada beberapa kasus mencuat masalah hilangnya fitur regedit sehingga melakukan modifikasi key registry seolah mustahil untuk dilakukan. Namun ternyata modifikasi registry dapat dilakukan dengan menggunakan fitur default Windows lainnya yaitu Command Prompt. Bagaimanakah Cara Menambah Key Registry menggunakan Command Prompt? Mari kita bahas sama-sama.

Untuk menambah key registry melalui Command Prompt diperlukan kehati-hatian, untuk itu mohon perhatikan parameter yang saya berikan dan pastikan Anda memahami setiap perintah yang Anda ketikkan.

1. Pertama, klik tombol Windows Anda dan ketikkan teks “cmd” di kotak pencarian lalu klik menu yang muncul seperti terlihat di dalam gambar berikut ini.
Cara Menambah Key Registry

2. Kedua, pada field Command Prompt ketikkan perintah; reg/? dan tekan enter.
Menambah Key Registry

3. Maka kemudian akan muncul daftar parameter yang dapat Anda gunakan selama proses modifikasi key registry Windows, di antaranya:
  • reg query
  • reg add
  • reg delete
  • reg copy
  • reg save
  • reg restore
  • reg load
  • reg unload
  • reg export
  • reg import
  • reg flags
Menambah Key Registry

4. Sebagai contoh Anda ingin memiliki sebuah key registry baru bernama Data, tipe data REG_BINARY, pada entry HKEY_CURRENT_USER\Network valuenya fe340ead. Maka perintah yang harus Anda ketikkan adalah sebagai berikut: reg add HKEY_CURRENT_USER\Network /v Data /t REG_BINARY /d fe340ead
Menambah Key Registry

5. Sebelum menekan Enter, pastikan sekali lagi bahwa paramter, tipe, entry dan value sudah benar. Jika dirasa sudah benar, tekan enter dan Command Prompt akan memberikan jawaban The Operation Complete Successfully jika perintah berhasil.
Menambah Key Registry

6. Sekarang sebuah key registry baru pada entry Network berhasil dibuat, ini hasil test and run yang saya lakukan dengan metode yang sama.
Menambah Key Registry

Selain menambah key registry Anda dapat pula menghapus key dengan cara mengetikkan perintah: reg delete HKEY_CURRENT_USER\Network /v Data. v untuk volume Data pada entry Network, maka sistem akan menghapus entry dengan value Data di dalam entry Network. Ketikkan Yes untuk konfirmasi perintah penghapusan, ato N0 untuk membatalkan.

Sekali lagi saya ingatkan, jika Anda menggunakan cara ini untuk menambah key registry, perhatikan setiap karakter dan value yang dimasukkan agar tidak terjadi kerusakan pada registry Anda. Apabila merasa ragu, lakukan back up terlebih dahulu untuk jaga-jaga.

Sumber:  http://blog.mborong.com/cara-menambah-key-registry-bila-regedit-tidak-dapat-dibuka/
MOH. Tajuddin N. S
Cara Menambah Key Registry Bila Regedit Tidak Dapat Dibuka - written by MOH. Tajuddin N. S , published at Friday, July 25, 2014, categorized as Tutorial Komputer
Comment disabled

Arsip Artikel

Subscriber

Followers

Copyright ©2013 Info Mayata by
Theme designed by Damzaky - Published by BLOG MR.W
Powered by Blogger