Info Mayata

Menyajikan segala informasi yang dijumpainya di dunia maya dengan ringkas

Menambah Kapasitas Memori Windows Phone 8 dengan Membersihkan Cache

by Mimin Opers , at Friday, July 25, 2014
Seperti apapun perangkat yang Anda miliki, masalah storage lambat laun pasti akan menjadi sebuah masalah nantinya. Windows Phone 8 telah melakukan sesuatu terkait dengan keterbatasan storage yang dimiliki generasi-generasi sebelumnya, namun hal ini juga masih belum mutlak efisien. Media penyimpanan internal juga menjadi suatu hal yang sangat berharga ketika perangkat yang dimaksud tidak ditunjang dengan keberadaan eksternal storage seperti micro SD. Apalagi, Windows Phone 8 kerap mengganggu penggunanya dengan lonjakan penggunaan storage yang tidak seharusnya sebesar itu.

Lonjakan penggunaan storage bukan hanya dari timbunan file yang sengaja kita simpan saja, tidak pula hanya dari aplikasi yang kita install pada perangkat Windows Phone 8. Data aplikasi yang semakin bertambah seiring dengan frekuensi penggunaan pun bukan menjadi masalah di sini. Yang menjadi masalah adalah sebuah bagian dengan nama ‘Other’ pada daftar folder di internal storage, dan bagian storange yang ini terdiri dari file-file cache yang tidak penting. Lambat laun, bagian ini akan memiliki ukuran yang lumayan besar seiring kita menggunakan perangkat.

Masalahnya, tidak ada cara yang ditawarkan oleh Windows 8 untuk membersihkan file cache ini. Sebagai solusinya, sebuah aplikasi bernama Shrink Storage menawarkan cara yang praktis dan efisien untuk mengatasi masalah ini, memberi penggunanya storage ekstra hanya dengan beberapa langkah sederhana.

Trik yang terdapat pada aplikasi ini adalah memanfaatkan sistem pembersihan cache yang dimiliki oleh perangkat Windows Phone 8. Windows Phone 8 memiliki sebuah sistem dimana ia akan menghapus seluruh cache yang ada ketika ukuran cache yang terakumulasi mencapai batas maksimal. Jadi yang dilakukan oleh Shrink Storage ini adalah memenuhi ruang untuk cache sampai batas maksimal, hingga Windows Phone 8 mulai melakukan pembersihan meskipun ukuran cache yang sebenarnya belum mencapai batas atas. Menarik, bukan?

Untuk menggunakan Shrink Storage ini, Anda tidak perlu melakukan berbagai hal rumit. Cukup download dan install aplikasi ini, kemudian jalankan prosesnya dengan melakukan tap pada tombol ‘Fill Phone Storage’. Pada saat ini, kita hanya harus menunggu hingga aplikasi ini selesai melakukan tugasnya. Terkadang akan ada notifikasi dari Windows Phone bahwa storage perangkat Anda mulai penuh, jangan pedulikan pesan ini dan jangan keluar dari aplikasi.
Shrink-Storage-WP-Release
Shrink-Storage-WP-Space
Shrink-Storage-WP-Home 

Setelah storage sudah penuh, restart perangkat Anda dan tap ‘Clean Phone Storage. Tunggu Shrink Storage menjalankan tugasnya, dan ketika pesan ‘Allocated Phone Storage’ muncul pada layar, berarti Anda telah memiliki storage space yang telah dioptimalisasi.

Sumber: http://blog.mborong.com/windows-phone-8/
Mimin Opers
Menambah Kapasitas Memori Windows Phone 8 dengan Membersihkan Cache - written by Mimin Opers , published at Friday, July 25, 2014, categorized as Tips HP
Comment disabled

Arsip Artikel

Subscriber

Copyright ©2013 Info Mayata by
Theme designed by Damzaky - Published by BLOG MR.W
Powered by Blogger
-->