Info Mayata

Menyajikan segala informasi yang dijumpainya di dunia maya dengan ringkas

Cara Menggunakan REKBER dan Apa itu REKBER Dibahas Tuntas!

Bagi anda yang akan melakukan transaksi secara online dan masih asing dengan istilah rekber, posting kali ini akan membahas tuntas cara menggunakan rekber dan apa itu rekber?. Saya akan bahas sebatas yang saya tahu dan semoga bermanfaat untuk anda.
 
Rekber adalah sebuah istilah dan merupakan kependekan dari Rekening Bersama, wah... rekening bersama ya..maksudnya opo iki?...rekening bersama maksudnya adalah usaha yang dilakukan oleh pihak ketiga yang tujuan utamanya adalah untuk meminimalisir penipuan transaksi yang dilakukan secara online. Usaha ini ada karena sering kali transaksi yang dilakukan secara online mengharuskan si pembeli mentransfer terlebih dahulu dana kerekening penjual, dan seringkali pula sipenjual tidak menepati janjinya alias kabur dan mengakibatkan kerugian pada si pembeli, nah untuk menghindari resiko itu maka hadirlah pihak ketiga yang nama rekber itu dan bisa digunakan secara bersama-sama antara pembeli dan penjual yang tentunya kedua belah pihak sepakat untuk menggunakan jasa rekber tersebut untuk transaksi online yang akan dilakukan.
 
Untuk lebih jelasnya skema dan cara kerja dari rekber itu adalah seperti gambar dibawah ini :
 
 
Dari gambar diatas dapat saya jelaskan sbb :
 
1. ada komunikasi antara pembeli dan penjual untuk transaksi online yang akan dilakukan sepakat untuk menggunakan jasa pihak ketiga yaitu menggunakan rekber, ini dilakukan untuk menghindari resiko kerugian antara kedua belah pihak, karena kedua belah pihak tidak saling mengenal satu dengan lainnya.
 
2. Setelah sepakat, maka si pembeli melakukan transfer dana sesuai dengan nilai barang yang akan di beli ke rekening pihak ketiga yaitu yang disebut rekber.
 
3. Pihak ketiga yaitu sipemilik jasa rekber melakukan konfirmasi ke penjual bahwa dana dari si pembeli telah diterima dan meminta si penjual untuk segera melakukan pengiriman barang ke alamat si pembeli.
 
4. Setelah menerima pemberitahuan dari pihak ketiga yaitu si pemilik jasa rekber, maka si penjual melakukan pengiriman barang ke alamat pembeli.
 
5. Pembeli menerima pengiriman barang dari penjual, dan melakukan pemeriksaan, jika barang diterima dalam kondisi bagus dan sudah sesuai dengan keinginan maka si pembeli melakukan konfirmasi ke pihak ketiga (jasa rekber) dan juga melakukan konfirmasi kepada penjual.
 
6. Proses selanjutnya, setelah pihak ketiga (jasa rekber) menerima konfirmasi dari pembeli bahwa barang telah sesuai keinginan dan diterima dalam kondisi bagus, maka pihak ketiga ini (jasa rekber) melakukan transfer dana ke rekening penjual senilai harga barang yang dibeli dikurangi fee jasa rekber.
 
Terakhir adalah sipenjual menerima dana dari pihak ketiga (jasa rekber), dengan demikian transaksi berjalan lancar, pembeli dan penjual senang, pihak ketiga pun ikut kecipratan senang karena dia mendapatkan fee dari transaksi kedua belah pihak tersebut.
 
Tapi sebaliknya, jika barang yang diterima si pembeli tidak sesuai dengan keinginan, maka si pembeli bisa melakukan komplen ke penjual, dan meminta pihak ketiga (jasa rekber) untuk mengembalikan dana yang telah ditransfer tersebut.
 
Demikianlah penjelasan singkat tentang Cara Menggunakan REKBER Dan Apa itu REKBER, semoga informasi singkat ini dapat memberikan manfaat untuk anda.


Sumber: http://denyros147.blogspot.com/2013/09/cara-menggunakan-rekber-dan-apa-itu.html




Cara Menggunakan REKBER dan Apa itu REKBER Dibahas Tuntas!