Info Mayata

Menyajikan segala informasi yang dijumpainya di dunia maya dengan ringkas

Cara Mengatasi RAM Android yang Cepat Penuh

by MOH. Tajuddin N. S , at Thursday, April 10, 2014
Layaknya sebuah PC, yang menggunakan RAM untuk aktifitas pengoperasian semua software yang dijalankannya, begitu juga dengan Android yang memanfaat RAM untuk segala aktifitas pengoprasiannya. RAM akan langsung terpakai ketika Android kita telah aktif, apalagi ketika kita sedang menjalankan aplikasi tertentu dalam jumlah banyak, misalnya anda sedang mengaktifkan aplikasi facebook, twitter, pemutar media dan lain sebagainya dalam waktu yang bersamaan maka tak jarang RAM akan penuh dan kinerja android akan menjadi lambat.

Jika kita memiliki jumlah RAM yang besar itu bukan menjadi masalah, dan akan menjadi masalah jika RAM di Android kita cuma pas-pasan saja, tentu hal itu akan membuat jengkel karena kinerja Android kita tiba-tiba melambat karena penggunaan RAM penuh dan sesak. Berikut solusi yang bisa kita lakukan untuk mengatasi RAM di gadget Android jika terasa cepat penuh :

1. Menggunakan XBooster
Sesuai dengan namanya, Xbooster, aplikasi ini berfungsi untuk melakukan boosting RAM pada android. Aplikasi ini memang aplkasi dari pihak ketiga, dimana anda bisa mendownloadnya secara gratis, dan aplikasi ini sebelumnya dipergunakan hanya untuk xperia saja, tapi kini si pembuatnya menambahkan suport untuk android kedalam aplikasi ini. Bagi anda yang mengingikan aplikasi ini, anda bisa download aplikasi XBooster ini secara gratis di google play.

2. Mematikan Aplikasi Yang Tidak Perlu
Untuk langkah yang lebih mudahnya tanpa harus mendownload aplikasi lain, silahkan anda matikan semua aplikasi yang tidak perlu pada Android anda, caranya masuk ke Settings > Apps, lalu pilih Running. Di situ anda akan menemukan aplikasi-aplikasi yang sedang aktif atau berjalan. Untuk mematikannya, anda cukup buka aplikasi tersebut kemudian klik Stop untuk mematikan.

3. Hapus Aplikasi Yang Banyak Memakan RAM
Selain dua cara di atas, selanjutnya anda bisa juga dengan menghapus aplikasi-aplikasi yang daya pemakaian RAM nya sangat banyak. Untuk mengetahui aplikasi-aplikasi tersebut caranya hampir sama dengan cara yang kedua yakni masuk ke Settings > Apps > Running.

4. Menggunakan Aplikasi RAM Manager
Langkah yang terakhir yakni menggunakan aplikasi Ram manager, aplikasi ini memiliki banyak fungsi khususnya untuk mengoptimalkan pemakaian RAM di Android anda. Aplikasi RAM Manager bisa anda dapatkan secara gratis maupun berbayar, dengan aplikasi ini anda bisa mengaktifkan profil tertentu yang bertujuan untuk mengatur RAM pada Android sesuai kebutuhan. Profil yang tersedia pada aplikasi ini juga banyak, misal ketika anda ingin multitasking atau penggunaan pada banyak aplikasi maka anda bisa memilih profil Multitasking Mode, selanjutnya jika anda ingin menggunakan android untuk bermain game maka anda bisa mengoptimalkan pemakaian RAM dengan mengaktifkan profil mode hard gaming, serta untuk profil balance for everyday using yang berfungsi mengoptimalkan penggunaan RAM setiap hari.

Dengan menggunakan salah satu atau empat cara di atas, android anda akan lebih optimal pada pemakaian RAM nya, karena RAM yang penuh dan berat tentu akan menggangu anda ketika sedang melakukan aktifitas pada gadget android anda tersebut.


Sumber: http://www.intips.in/teknostyle/20131101/cara-mengatasi-ram-android-yang-cepat-penuh.html
MOH. Tajuddin N. S
Cara Mengatasi RAM Android yang Cepat Penuh - written by MOH. Tajuddin N. S , published at Thursday, April 10, 2014, categorized as Tips HP
Comment disabled

Arsip Artikel

Subscriber

Followers

Copyright ©2013 Info Mayata by
Theme designed by Damzaky - Published by BLOG MR.W
Powered by Blogger