Info Mayata

Menyajikan segala informasi yang dijumpainya di dunia maya dengan ringkas

Untung-Rugi Masuk Jurusan IPA dan IPS di SMA

by Mimin Opers , at Monday, April 07, 2014
Kali ini admin akan menyinggung sedikit tentang untung-ruginya masuk jurusan IPA atau IPS di SMA. Setelah membaca postingan ini, diharapkan temen-temen sudah punya penentuan sendiri masuk jurusan apa ya! Jangan sampai masa depan temen-temen sia-sia cuman gara-gara gengsi atau apa lah itu-_- Here we go!

IPA

Sebagian besar orang memilih jurusan IPA karena pada saat kuliah nanti dapat mengambil jurusan kuliah IPA maupun IPS. Namun, jurusan ini juga mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Kelebihan
1. Dapat mengambil jurusan apa saja ketika kuliah
2. Pelajaran matematika yang diterapkan lebih banyak
3. Jika ingin mengambil jurusan ipa tentu akan lebih mudah

Kekurangan
1. Jika mengambil jurusan IPS pada waktu kuliah nanti (ekonomi misalnya) akan mengalami kesulitan pada mata kuliah pengantar akuntansi, apalagi jika dosen yang mengajar itu menganggap para mahasiswa/i harus mencari ilmu sendiri
2. Lebih spesifik pada pelajaran ilmu alam. Sedikit dibahas tentang realita sosial yang ada di masyarakat. (karena tidak mendapat pelajaran sosial)

IPS

Kelebihan
1. Ketika memasuki kuliah yang berilmu sosial seperti ekonomi. tidak terlalu mengalami kesulitan
2. Penekanan untuk belajar mengenai kehidupan sosial yang ada
3. Menyadari tentang kehidupan sekeliling (sosial)

Kekurangan
Sulit memasuki jurusan IPA ketika kuliah (baca: bukan tidak bisa! jurusan ini tetap bisa, hanya saja kalau mau masuk jurusan IPA nantinya, harus belajar lagi. tapi tetap bisa)

Kesimpulannya, pada hakekatnya tidak ada jurusan yang baik secara umum. Sekarang mengenai jurusan apa yang akan dipilih teman-teman tergantung pada kemana teman-teman akan melanjutkan studi setelah menempuh pendidikan di SMA. Pada dasarnya, baik IPA maupun IPS dapat masuk jurusan apapun di perkuliahan. Satu-satunya kendala apabila mengambil fakultas Lintas Jurusan adalah kesulitan pada tahap awal perkuliahan.
Apabila teman-teman mau melanjutkan ke fakultas yang berhubungan dengan ilmu alam atau teknik (kedokteran misalnya), ya masuklah IPA. Di sisi lain, IPS sangat diperuntukkan untuk mereka yang mau terjun langsung di bidang kehidupan sosial maupun urusan lain yang semuanya harus memiliki dasar ilmu sosial yang baik.
Sudahkah ada inspirasi mau masuk jurusan apa?


Sumber: http://society2015.blogspot.com/2013/04/untung-rugi-masuk-jurusan-ipa-dan-ips.html
Mimin Opers
Untung-Rugi Masuk Jurusan IPA dan IPS di SMA - written by Mimin Opers , published at Monday, April 07, 2014, categorized as Ilmu Pengetahuan , Informasi , Katanya
Comment disabled

Arsip Artikel

Subscriber

Copyright ©2013 Info Mayata by
Theme designed by Damzaky - Published by BLOG MR.W
Powered by Blogger
-->