Info Mayata

Menyajikan segala informasi yang dijumpainya di dunia maya dengan ringkas

Cara Mengunci Folder Menggunakan Folder Lock

by MOH. Tajuddin N. S , at Sunday, May 25, 2014
Cara Mengunci Folder Menggunakan Folder Lock itu hanya judulnya sob, disini saya tidak hanya akan menerangkan tentang cara mengunci folder menggunakan folder lock saja, tapi juga menggunakan kode notepad yang akan kita masukan di tempat folder yang akan kita kunci.

Setiap orang pasti punya privasi, artinya sesuatu yang tentang kita yang orang lain tidak boleh tau, bener ga?? Privasi itu macam2 ya, dan yang akan kita bahas adalah privasi konten. Jadi kita akan belajar cara mengunci folder menggunakan folder lock atau notepad. Langsung praktek aja dari pada bingung, hahaha...

Cara Mengunci Folder Dengan Folder Lock

Folder Lock adalah aplikasi yang bisa kita gunakan untuk mengunci folder atau file. Kenapa kita menggunakan Folder Lock, karena mudah penggunaanya tapi tingkat proteksinya tinggi. Jadi folder atau file yang telah kita kunci tidak akan terlihat dan hanya bisa dibuka lewat Folder Lock ini, tentunya juga setelah memasukan passwordnya. Yukk, kita lihat stepnya.
  1. Sebelum menggunakannya, sobat harus download dulu. Silahkan klik Download Folder Lock (Klik langsung aja!),
  2. Jika sudah selesai download silahkan di install, pilih nex next aja trus instal,
  3. Kalau sudah selesai instal, silahkan buka dan tampilannya seperti ini,
  4. Cara Mengunci Folder Step 1
  5. Nahhh, setelah itu begini cara mengunci folder menggunakan folder lock,
  6. Pertama masukan password, terserah sobat lalu klik "OK".
  7. Kedua, masukan lagi password tadi yang sobat tulis, lalu OK lagi.
  8. Nahh, sekarang udah masuk, sekarang klik "Add". Lalu pilih apakah file atau folder yang akan sobat kunci.
  9. Setelah itu silahkan pilih mana folder/file yang akan di kunci, lalu OK,
  10. Cara Mengunci Folder Step 2
  11. Lihat, status folder sobat sudah locked. Sekarang coba sobat lihat di drive, pasti menghilang.
  12. Cara Mengunci Folder Step 3
Trus, bagaimana cara membukanya? mudah saja. Cara seperti ini:
  1. Buka Folder Lock,
  2. Masukan kata sandi sobat,
  3. Klik 2x file yang ingin dibuka.
Gimana, mudah kan? Silahkan coba. Dan selanjutnya selain menggunakan folder lock kita juga bisa menggunakan sebuah kode untuk mengunci folde. Yuk kita
lihat!!

Cara Mengunci Folder Dengan Script

Cara ini juga mudah, yaitu kita akan menggunakan sebuah kode yang untuk mengunci folder agar tidak bisa di buka orang lain. Silahkan ikuti caranya:
  1. Pertama, tentukan folder  tempat folder yang akan kita kunci sebagai,
  2. Kemudian, buka notepad sobat,
  3. Cara Mengunci Folder Dengan Notepad
  4. Masukan script di bawah ini kedalam notepad,
  5. 
    cls@ECHO OFF 
    title Folder Rahasia
    if EXIST "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" goto UNLOCK
    if NOT EXIST Rahasia goto MDRahasia
    :CONFIRM
    echo Are you sure want to Lock the folder(Y/N)
    set/p "cho=>"
    if %cho%==Y goto LOCK
    if %cho%==y goto LOCK
    if %cho%==n goto END
    if %cho%==N goto END
    echo Invalid choice.
    goto CONFIRM
    :LOCK
    ren Rahasia "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
    attrib +h +s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
    echo Folder locked
    goto End
    :UNLOCK
    echo Enter password to Unlock folder
    set/p "pass=>"
    if NOT %pass%==PasswordSobat goto FAIL
    attrib -h -s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
    ren "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" Rahasia
    echo Folder Unlocked successfully
    goto End
    :FAIL
    echo Invalid password
    goto end
    :MDRahasia
    md Rahasia
    echo Rahasia created successfully
    goto End
    :End
    
    
    Note: Ganti tulisan warna biru dengan password sobat.
  6. Klik "File > Save As" dan pastikan Save as type'nya All Files dan Beri nama lock.bat
  7. Setelah itu kita masuk ke folder tempat penyimpanan file .bat tadi. Kemudian klik dua kali file lock.bat, yang kemudian akan membuat sebuah folder namanya Rahasia.,
  8. Nahhh, kita simpan deh tuh file-file yang menjadi privasi kita di situ,
  9. Jika sudah, klik lagi file lock.bat'nya (double klik) untuk mengunci folder Rahasia'nya.
  10. Ketik huruf "Y" pada cmd untuk memberi perintah kunci,
  11. Cara Mengunci Folder Dengan Notepad
  12. Untuk membuka kembali folder Rahasia, tinggal klik file lock.bat (double klik),
  13. Kemudian akan muncul perintah untuk memasukan password, sama seperti saat kita akan mengunci folder, cuma perintah kali ini adalah memasukan password,
  14. Setelah itu tekan Enter, file Rahasia akan muncul kembali. Jadi gitu cara mengunci folder.
Gimana, mau pake cara yang mana, silahkan. Semoga artikel Cara Mengunci Folder Menggunakan Folder Lock ini membentu dan bisa menjadi tambahan pengetahuan sobat. Terima kasih telah berkunjung ke blog TiJe ini. Salam Blogger....
 
 
Sumber: http://carauntukbisa.blogspot.com/2013/11/cara-mengunci-folder-menggunakan-folder-lock.html
MOH. Tajuddin N. S
Cara Mengunci Folder Menggunakan Folder Lock - written by MOH. Tajuddin N. S , published at Sunday, May 25, 2014, categorized as Free Software , Informasi , Internet , Tutorial Komputer
Comment disabled

Arsip Artikel

Subscriber

Followers

Copyright ©2013 Info Mayata by
Theme designed by Damzaky - Published by BLOG MR.W
Powered by Blogger