Info Mayata

Menyajikan segala informasi yang dijumpainya di dunia maya dengan ringkas

Cara Menghilangkan Suara Vocal Menggunakan Audacity

by Mimin Opers , at Saturday, May 17, 2014
Audacity adalah salah satu aplikasi editor music yang bisa kamu gunakan secara gratis. Kamu bisa memotong, menambah, merubah hingga menghilangkan bagian dan suara tertentu dari track audio yang kamu miliki. Kali ini, Jalan Tikus akan memberikan cara untuk menghilangkan suara vocal dari track audio kamu.

Vocal biasanya terletak pada ‘center channel’. Stereo track memiliki dua channel, tapi tidak seluruh instrument seimbang. Terkadang bass terdengar sangat kuat, rhythm terdengar minim dan lain sebagainya. Biasanya vocal terlalu kuat, jadi kita dapat memisahkan stereo track dan memasukkan satu channel.
Berikut caranya :

Buat kamu yang belum punya aplikasi Audacity, silakan download Audacity gratis disini. Kemudian lakukan instalasi.

Buka program Audacity dan load lagu pilihan kamu.
Hal pertama yang kita butuhkan adalah memisahkan dua channel lagu ke dalam 2 track yang terpisah. Klik tanda panah berwarna hitam yang terdapat pada judul track dan masuk ke Split Stereo Track.
Kemudian, pilih sebuah channel dan double klik untuk memilih keseluruhan track.

Masuk ke Effect > Invert.


Jika kamu menekan tombol play, kamu akan menemukan sound lagu sedikit lucu. Sound channel tampak seperti keluar dari speaker. Hal terakhir yang harus kita lakukan adalah mengeraskan efek dengan cara mengubah masing masing track menjadi mono. Klik title dari masing masing track seperti ketika kamu memisahkan track dan memilih mono dari menu.

Nah, suara vocal sekarang sudah hilang dari track audio kamu. Setelah vocal berhasil dihilangkan, kamu bisa mengisi suara yang hilang dengan suara kalian.

Caranya, langsung aja klik tombol RECORD yang berwarna merah.


Sumber: http://jalantikus.com/tips/detail/125
Mimin Opers
Cara Menghilangkan Suara Vocal Menggunakan Audacity - written by Mimin Opers , published at Saturday, May 17, 2014, categorized as Free Software , Informasi , Internet , Tips dan Trik
Comment disabled

Arsip Artikel

Subscriber

Copyright ©2013 Info Mayata by
Theme designed by Damzaky - Published by BLOG MR.W
Powered by Blogger
-->