Info Mayata

Menyajikan segala informasi yang dijumpainya di dunia maya dengan ringkas

Tips Download Software Internet Gratis serta Hal-Hal yang Perlu Anda Pertimbangkan

by Mimin Opers , at Monday, June 02, 2014

Tips Download Software Internet Gratis serta Hal-Hal yang Perlu Anda Pertimbangkan
Mengunduh software secara gratis untuk komputer adalah sesuatu yang menyenangkan. Tidak hanya gratis, kita juga dapat mengunduh semau kita. Entah program itu sebenarnya bekerja baik atau tidak, kita akan bebas untuk mengambilnya dari internet dan dipasangkan pada komputer. Namun, sebelum download software internet gratis, sebaiknya kita memastikan terlebih dahulu apakah program tersebut dapat dipercaya atau tidak. Download memang dapat dilakukan oleh semua orang, namun kita juga perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan.
Platform seperti iOS, Android, Mac, dan Windows 8 memiliki tempat yang terintegrasi dengan device Anda, dimana Anda dapat mencari aplikasi, melihat review, dan meng-installnya. Namun, hal ini tidak berlaku pada platform Windows 7 ke bawah. Mencari dan meng-install aplikasi gratis untuk Windows memerlukan kerja yang lebih keras dari kita, dengan menjelajahi dunia maya. Beruntung, jika software gratis yang kita unduh aman. Lalu, bagaimana jika software yang diunduh malah menginfeksi komputer kita dengan program jahat? Ini yang ditakutkan. Oleh karena itu, berikut Paseban berikan tips untukdownload software internet gratis agar program yang Anda unduh tidak merugikan komputer Anda.
Cari Info Software Terbaik
Dibanding Anda menjelajahi internet untuk mencari software satu per satu, lebih baik Anda mencari sumber yang terpercaya untuk melihat daftar software gratis terbaik yang bisa Anda download. Sebagai contoh, Anda bisa melihat daftar software terbaik pada situs teknologi. Biasanya, software-software tersebut diurutkan dari yang terbaik. Carilah yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan Anda.
Cari Info Developer
Apabila Anda akan mengunduh suatu program, apakah Anda langsung mempercayai dan langsung mengunduh program tersebut? Hindari kebiasaan ini. Anda perlu memperhatikan terlebih dahulu reputasi dari developer sebelum Anda mengunduh suatu program. Beri perhatian lebih pada developer yang belum begitu Anda kenal. Dan pastikan jika Anda men-download software gratis dari official website dan bukan dari website yang tidak dapat dipercaya. Official website biasanya akan muncul pertama kali apabila Anda melakukan pencarian melalui Google.
Download dari Situs Terpercaya
Selain dari official website, banyak program yang dapat Anda unduh melalui third-party website. Website-website seperti Download.com dan Sourceforget merupakan website yang aman dari malware. Umumnya, website-website sejenis itu lebih terpercaya dan bisa Anda andalkan dibandingkan website perseorangan.
Baca Review
Sebelum download software gratis, ada baiknya Anda melihat review dari pengguna lainnya. Program yang ada pada third-party website menyediakan kolom review pada laman miliknya. Sebagai catatan, review ini akan dicampur-campur dari berbagai macam pengguna. Jadi, Anda akan menemukan komplain pada suatu program, pujian apabila program bekerja baik, namun ada pula pengguna yang –me-review dari sisi negatifnya saja. Sebab itu, Anda perlu melihatnya secara keseluruhan dan detail, setelah itu ambil kesimpulan dari review, apakah program pantas diunduh atau tidak.
Gunakan Antivirus
Tidak peduli seberapa hati-hatinya Anda ketika akan download software gratis, sebuah antivirus akan sangat membantu Anda. Program antivirus memang tidak akan 100 % sempurna untuk melindungi komputer Anda, tetapi ini akan memberikan perlindungan lebih. Dengan ini, apabila Anda melakukan suatu kesalahan, dan Anda malah memasukkan program jahat, maka antivirus akan menyediakan perlindungan ganda bagi komputer Anda.
Perhatikan Proses Instalasi
Apabila Anda telah mendapatkan software gratis dengan reputasi baik, maka Anda akan segera meng-install-nya. Saat proses instalasi ini, mungkin Anda akan dihadapkan pada pilihan untuk meng-install program tambahan, padahal Anda tidak menginginkannya. Hati-hatilah dengan penawaran program seperti ini, dan usahakan untuk menolah tawaran instalasi program tambahan tersebut. Anda mungkin tidak menginginkan program tambahan ini, karena mereka dapat mengganti laman web atau search engine default pada saat Anda berselancar di dunia maya. Jadi, perhatikan dengan seksama selama proses instalasi berlangsung.
Kesimpulan
Proses meneliti lebih lanjut tentang software gratis yang akan diunduh memang akan sedikit memakan waktu Anda. Namun, Anda juga menginginkan software yang aman dan tidak membahayakan komputer Anda bukan? Oleh karena itu, perhatian lebih perlu Anda berikan pada software gratis yang akan Anda download, agar semuanya berjalan aman dan lancar. [DEAS]

Sumber: http://portal.paseban.com/article/110592/download-software-internet-gratis
Mimin Opers
Tips Download Software Internet Gratis serta Hal-Hal yang Perlu Anda Pertimbangkan - written by Mimin Opers , published at Monday, June 02, 2014, categorized as Informasi , Internet , Tips dan Trik
Comment disabled

Arsip Artikel

Subscriber

Copyright ©2013 Info Mayata by
Theme designed by Damzaky - Published by BLOG MR.W
Powered by Blogger
-->