Info Mayata

Menyajikan segala informasi yang dijumpainya di dunia maya dengan ringkas

SOFTWARE PENDUKUNG KEGIATAN ARSITEK (DOWNLOAD)

by Mimin Opers , at Wednesday, November 05, 2014 , have 0 komentar
Google SketchUp.
SketchUp merupakan sebuah program pemodelan 3D yang dirancang untuk arsitek, insinyur sipil, pembuat film, game developer, dan profesi terkait. Aplikasi ini dirancang untuk menjadi lebih mudah digunakan dibandingkan program CAD 3D.
Ada 3 versi dari SketchUp ini :
  1. SketchUp Make (free)
  2. SketchUp Pro (paid)
  3. Google SkecthUp (free, latest release)
Salah satu fitur SketchUp yang tidak asing adalah 3D Warehouse yang memungkinkan pengguna SketchUp mencari model yang dibuat oleh orang lain dan berkontribusi model.
Google SketchUpvilla-w-sketchup-viewport
Google Sketchup dapat mengekspor ke SKP dan Google Earth, sedangkan SketchUp Pro bisa mengekspor dan memasukkan .3ds, .Dae, .DWG, .DXF, .Fbx, .Obj, .XSI, dan .wrl format file. SketchUp juga dapat menyimpan screenshot dari model .Bmp, .Png, .Jpg, .Tif, .Pdf, .Eps, .Epx, .DWG, dan .DXF.
Perbedaan SketchUp dibanding software-software 3D lain adalah user friendly, artinya SketchUp didesain familiar dan mudah digunakan oleh siapapun tanpa harus menguasai teknik-teknik yang rumit dan penuh perhitungan.
Keunggulan lain adalah output yang dapat dihasilkan SketchUp dapat kita ubah menjadi beraneka ragam karakter gambar. Mulai dari gambar 2D vector, 3D realistis, ataupun gambar yang sangat menyerupai sketsa tangan.
Perangkat lunak 3ds Max merupakan software 3d modeling yang digunakan dalam berbagai aplikasi mulai dari pembuatan desain bangunan hingga penggunaan di bidang hiburan melalui animasi dan film.
Software ini banyak ragamnya, sesuai dengan keterserdiaan fasiltas yang disediakan untuk memudahkan pengguna. Discreet 3DS Max merupakan software tiga dimensi yang dapat membuat objek tampak realistis.
04-19-wodonga_final_portfolio_2_1600x1 architecture_136-3d-model
Keunggulan yang dimiliki 3ds Max adalah kemampuannya dalam menggabungkan objek image, vektor dan tiga dimensi, serta langsung dapat menganimasikan objek tersebut. Animasi tiga dimensi dapat diintegrasikan pada halaman multimedia dan bisa berdiri sendiri sebagai sebuah movie.
Sekilas 3ds Max adalah salah satu paket perangkat lunak yang paling luas digunakan sekarang ini, karena beberapa alasan seperti penggunaan platform Microsoft Windows, kemampuan mengedit yang serba bisa, dan arsitektur plugin yang banyak. Ada 5 metode pemodelan dasar:
3ds Max merupakan software yang paling populer dalam pembuatan objek 3 dimensi di banding software lain yang sejenis karena fitur-fiturnya yang lengkap sekaligus cara penggunaannya yang mudah (user friendly).

         ArchiSketch merupakan aplikasi modeling 2D dan 3D yang baru-baru ini dikeluarkan oleh Apple untuk mengisi waktu luang.
Aplikasi ini dibuat simple tetapi fitur-fitur yang ditawarkan melebihi ekspektasi yang ditawarkan oleh aplikasi yang bisa download di iPad ini. Beberapa fitur yang ditawarkan adalah:
  • Free hand drawing tools.
  • Smart shapes.
  • Guides point.
ArchiSketch juga merupakan aplikasi modeling dengan skala yang sadar tentunya.
Ecotect merupakan software analisa bangunan yang paling inovatif saat ini, yang mengintegrasikan pemodelan 3D dengan berbagai analisa dan simulasi performa bangunan. Berbagai fitur analisa dan simulasi diaplikasikan secara interaktif, setiap perubahan pada desain secara interaktif akan terbaca dampaknya.
Ecotect berhasil memadukan cara kerja arsitek yang lebih intuitif melalui fasilitas 3D nya dengan sejumlah konten perhitungan fisika bangunan yang secara otomatis akan dikalkulasi oleh software tersebut. Output dari hasil kalkulasi ditampilkan secara grafis sehingga akan mudah dipahami.
GH2Ecotect_testVisibility-Analysis
Berbagai simulasi fisika bangunan yang mampu dikalkulasi Ecotect terkait dengan rancangan bioklimatik adalah sunshading, natural & artificial lighting, OTTV (Overall Thermal Transfer Value),  mean radiant temperature, heat island,periode kenyamanan termal, cooling load,  dan EEI (Energy efficient Index). Lebih jauh lagi, Ecotect mampu memberi kontribusi dalam merancang green buildingmelalui simulasi green energy dan green material.
Dukungan software Ecotect ini diharapkan dapat mempermudah para arsitek dalam merancang bangunan bioklimatik secara efektif sehingga ke depannya pendekatan bioklimatik menjadi sebuah pendekatan wajib bagi para arsitek.
V-Ray. 
V-Ray adalah software rendering yang dibuat untuk mendukung atau menyempurnakan software grafis 3D.
Ini adalah software render yang memiliki fitur yang lengkap dengan teknik-teknik yang canggih, misalnya global illumination algorithms seperti path tracing, photon mapping, irradiance maps dan directly computed global illumination.
vray05 Adding_Fog_Using_VRay_ZDepth_Render_Pass
Software V-Ray telah menggandeng banyak customer support, customer support mereka pun tidak main-main, software modeling 3D ternama seperti SketchUp, AutoCAD, 3ds Max, Maya, Rhino, Blender telah menjadi customer support dari V-Ray.
Output dari penggunaan software ini sangat realistis dan mirip dengan aslinya. Para arsitek sangat sering menggunakan software ini untuk menyempurnakan karya 3D.
Software ini dapat mengatur bagaimana untuk menerangi model anda. Lampu, matahari, langit, ambient, lingkungan, dll. Anda dapat memutar dan zoom. Kemampuan untuk menghentikan proses render, menyimpannya, membukanya kembali nanti dan melanjutkan proses render. Tidak perlu untuk menghapus dinding untuk melihat interior model, cukup menggunakan X-Ray vision.
raylectronscene415_1024x535 maxresdefault-2
Setiap bahan/material dapat menghasilkan efek yang berbeda, seperti refleksi (seperti cermin), refraksi (seperti kaca), transparansi, kilau, shininess, peta benjolan, peta normal dan gambar latar belakang. Bayangan yang dihasilkan pun nyata dan bukan simulasi. Raylectron memanfaatkan semua core CPU yang membuat proses rendering menjadi secepat mungkin.
AutoCAD merupakan sebuah program yang biasa digunakan untuk tujuan tertentu dalam menggambar serta merancang dengan bantuan komputer dalam pembentukan model serta ukuran dua dan tiga dimensi atau lebih dikenali sebagai “Computer-aided drafting and design program” (CAD). Program ini dapat digunakan dalam semua bidang kerja terutama sekali dalam bidang-bidang yang memerlukan keterampilan khusus seperti bidang Mekanikal Engineering, Sipil, Arsitektur, Desain Grafik, dan semua bidang yang berkaitan dengan penggunaan CAD.
AUTOCAD2014 do-more-with-autocad-and-inventor-large-1152x696
Sistem program gambar dapat membantu komputer ini akan memberikan kemudahan dalam penghasilan model yang tepat untuk memenuhi keperluan khusus. Dengan bantuan sistem ini dapat menghasilkan sesuatu kerja pada tahap keahlian dan yang tinggi ketepatan di samping menghemat waktu dengan hanya perlu memberi beberapa petunjuk serta cara yang mudah.
Gambar yang dibentuk melalui program autocad dapat diubah bentuk-nya untuk keperluan grafik yang lain melalui beberapa format seperti DXF ( Data Exchanged File), IGES, dan SLD.Yang di maksud Lapis gambar atau layer dalam autoCAD adalah perbedaan warna dan ukuran pada gambar yang di buat dengan tujuan agar gambar tersebut mudah untuk di baca dan di mengerti juga untuk mempermudah pengaturan obyek yang mempunyai karakteristik yang sama.
Maya adalah software 3D modeling maupun animasi, khususnya character modeling dan character animation. perangkat lunak grafik komputer 3D dibuat oleh Alias Systems Corporation (Diakuisisi oleh Autodesk, Inc. pada tahun 2006). Maya digunakan dalam industri film animasi atau cartoon, dan juga untuk permainan video komputer.
Kelebihan dari program ini adalah proses pembuatan Animasi yang relatif lebih mudah dibandingkan perangkat 3D lainnya. Oleh karena itu, Maya memang lebih banyak digunakan untuk membuat character modeling dan animasinya
sketchup-importer-maya-screenshot-1b Bangalore-railway-1
Autodesk Maya adalah software animasi 3D yang dilengkapi dengan fitur canggih dan komprehensif. Dengan Autodesk maya 2013 anda dapat menciptakan karya animasi 3D. Autodesk maya 2013 menyediakan perangkat tools untuk animasi, pemodelan, simulasi, matchmoving dan compositing untuk membantu anda menghasilkan karya yang berkualitas. Autodesk maya 2013 sering digunakan untuk pengembangan sebuah game dan proyek animasi 3D lainnya. Pada Autodesk Maya 2013 ini telah dibubuhkan tools kreatif terbaru untuk membantu anda menciptakan sebuah konten dan karya yang berkualitas tinggi secara cepat.
Ini adalah perangkat lunak all-in-one yang dapat digunakan dalam proyek-proyek 2D dan 3D. Ini juga dapat digunakan oleh desainer yang First Time dan mahasiswa arsitektur. Ini adalah user friendly dimana first time desainer dan arsitek dapat dengan mudah memaksimalkan potensi perangkat lunak. Ia juga memiliki hampir semua fitur aplikasi lainnya, tetapi tidak pernah dapat mengungguli efisiensi perangkat lunak ini.
buildings
ArchiCAD sangat mudah digunakan dalam perancangan arsitektur dibandingkan software CAD pada umumnya. Pada ArchiCAD, dengan komponen dan library-nya yang berbasis parametric object, lebih mudah mengubah detail ukuran sesuai dengan kebutuhan. Konsep parametric object ini sangat bermanfaat ketika kita melakukan proses modifikasi desain, contohnya: apabila akan menggeser posisi pintu atau mengubah ukuran jendela yang telah terpasang di dinding, maka lubang pada dinding akan secara otomatis ikut bergeser dan berubah ukuran tanpa ada tambahan perintah.
maxresdefault-4
ArchiCAD adalah design komplit dengan 2D dan 3D drafting, memvisualisasikan fungsi lain untuk arsitek, designer, dan kontraktor. Ini adalah sebuah software yang berintergrasi dan bias untuk hampir semua kebutuhan kantor arsitek :
  • 2DCAD software, tool menggambar untuk membuat gambar yang teknikal dan akurat.
  • 3D Modelingsoftware, sebuah 3D cad interface yang berkembang dengan special untuk arsitek agar bias membuat berbagai macam bentuk bangunan.
  • Architectural renderingand Visualization software, adalah performa tinggi untuk rendering dan untuk memproduksi foto yang real dan video yang baik.
  • Desktop publishingsoftware, merupakan program yang mirip dengan fitur DTP software untuk mengkomposisikan materi berwarna menggunakan gambar teknikal berdasarkan pgambar ber-pixel dan tulisan.
  • Document managementtool, adalah penyimpanan data sentral server dengan akses remote, dengan verso backup dan restore.
Sejak pertama muncul tahun 1998, Rhinoceros telah menjadi salah satu 3D modelling standar untuk arsitek dan designer.
Dimulai dari sketsa, gamabr model fisik, data scan, atau berupa ide. Rhino menyediakan tool untuk secara akurat membuat model dan dokumen sesuai dengan design untuk merender, memberi animasi, drafting, teknik, analisis, dan konstruksi.
Rhino bisa membuat, mengedit, menganalisi, dikumen render dan menganimasi serta mentejermahkan NURBS, lengkatan, permukaan padatan dalam skala besar,tidak kompleks, derajat, maupun ukuran.
Rhino juga mendukung polygon meshes dan point cloud. Keakurasiannya dan fleksibilitas membuat proses bagi murid untuk secara mudah mengeksplor ide mereka tanpa harus membuang banyak waktu belajar “CAD”
Selain itu, apapun garis geometri yang dibuat pada rhino bisa di export ke pemotongan laser, mesin penggiling ataupun printer 3D, dan ini adalah salah satu keunikan rhino yg membedakan dari 3D modelling aplikasi pada umumnya yang juga berdasarkan pada polygon, dimana pengguna bisa membuat image yang baik, tanpa membuat penyusunan pabrik yang sempurna
Rhino membuat arsitek bisa menggunakannya sebagai platiform pengembangan, dan scripting metode, memudahkan semua programmer dari level manapun membuat dan mengautomatiskan kemampuannya. Hari ini, ada lusinan iklan untuk rhino dalam hal nesting, pembuatan terrain, arsitektur parameter, render, animasi, CAM, pembuatan perhiasan, dll.
5
Merupakan sistem profesional untuk kerja yang otomatis didalam bidang arsitektur yang berorientasi pada esign, khusunya pada lingkup landscape design, seperti halnya dengan prektirovaniem interior, dan fasilitas lainnya.
Gallery01906_EXTERIOR2
Konten:
VectorWorks Architect menawarkan semua alat dan AD teknologi serta kebutuhan designer yang powerful dan efektif secara finansial dalam satu program. Program ini lebih mudah untuk dipelajari dan digunakan dibandingkan software arsitek pada umumnya. Dan masih dapat membuat design yang kompleks sekalipun, dari gambar pra rancangan hingga kontrusksinya. Program ini akan menunjukan mengapa vector works architect adalah satu satunya solusi yang baik untuk bisis ketika keadaan tidak memberikan unlimited budget.
VectorWorks Fundamentals adalah CAD program yang professional. Namun tidak seperti “lite” CAD program, program ini lebih dari sekedar 2d. dalampenambahan presisi dalam menggambar, program ini akan memberikan alat yang dapat membantu dalam proses pembuatan 3D modelling, menyajikan dan bahkan memproduksi design yang ada. Data base yang sudah tersedia juga memungkinkan pengguna unutk melacak harga membuat anggaran dan material.
Design bentang lebar atau landscape tidak harus selalu mahal atau terlalu sulit untuk digunakan. Dalam waktu yang sebentar,  2D dan 3D kemudahan design, jadwal yang otomatis dan laporan, plant database, pilihan tool yang sangat banyak dan data yang banyak mengenai architectural building tool, ditambah format simpan DXF/DWG dan GIS akan membuat anda lebih produktif, lebih kompetitif, dan lebih menguntungkan.
VectorWorks Machine Design adalah program khusus bagi tenga kerja teknik yang berbisnis. Seperti, metal fabricator, 2D drafting yang mudah dan 3D modelling solution yang mudah juha. Dengan program ini pengguna bisa menggambar dengan “Intelegensi” 2D atau3D komponen mesin.
Untuk pengguna yang membutuhkan semua, VectorWorks Designer  punya semua yang dibutuhkan. Dalam penawarannya yang terbaru, VWD mengkombinasikan semua teknologi ekslusif yang ditemukan dalam VWA, VWL, VWS, dan VWD kedalam satu program yang mudah digunakan. Menyediakan produksi pada level advance, presentasi dan kolaborasi.
Header_popis Hardscape
Ini adalah perangkat lunak desain profesional yang dapat membantu menghasilkan desain 3D. Memiliki alat otomatis yang dapat membuat desain rumah dan renovasi mudah. Ini adalah perangkat lunak yang sebagian besar di pilih arsitek untuk menggunakannya dalam desain arsitektur 2D atau 3D karena mudah digunakan dan selalu memberikan hasil yang memuaskan dan sesuai dengan apa yang para desainer inginkan.
Software Chief Architect merupakan pengembang terkemuka dan penerbit perangkat lunak desain rumah 3D Arsitektur untuk para kontraktor, desainer, arsitek.
Software self-entitled America’s #1 Home & Landscape Design ini adalah sebuah aplikasi yang menggabungkan kekuatan NexGen dengan menakjubkan serta kualitas foto realistis dari LightWorks yang akan memungkinkan arsitek atau desainer untuk menghasilkan desain yang realistis untuk perumahan mewah untuk mereka sendiri atau untuk klien mereka. Software ini memiliki paket yang dapat memenuhi kebutuhan para arsitek untuk merancang. Perangkat lunak ini kompatibel dengan Windows dan meskipun pricy, selalu dapat menghasilkan hasil yang bagus.
3 4
Biasa digunakan untuk mendesain landscape dan interior rumah dengan tampilan gambar yang menyerupai bentuk aslinya. Jika Anda pernah bermimpi menjadi seorang desainer arsitek atau landscape, perangkat lunak ini dapat dibuat khusus untuk anda. Program ini menawarkan seperangkat alat yang sangat intuitif untuk membantu merancang rumah, mengarahkan penggunanya langkah demi langkah melalui proses dari mulai pondasi sampai ke atap. Menggunakan tatap muka drag-and-drop yang sederhana membantu menyelesaikan sebuah proyek dengan segala sesuatu mulai dari soket listrik sampai ke pohon di halaman, menggambar dari sebuah daftar dari benda-benda interior dan eksterior.
Sebuah fungsi preview 3D, lengkap dengan pencahayaan, memungkinkan calon desainer untuk melihat karya secara keseluruhan. Versi trial download memang memiliki pembatasan ketat, melumpuhkan banyak tool dan objek , membuatnya tidak mungkin untuk menyimpan pekerjaan yang telah dibuat.
Soft Plan ini merupakan software yang dapat digunakan pada semua kebutuhan dalam perancangan. Software ini juga mendukung pemodelan, informasi gedung disertai dokumentasi lengkap, kemampuan perancangan 3D, daftar bahan, dan real time perkiraan biaya report. Perubahan yang anda akan lakukan pada desain akan secara otomatis dikoordinasikan seluruh proyek yang sedang di kerjakan. Ini merupakan pilihan terbaik ketika anda bekerja pada desain perumahan dan komersial.
Autodesk baru-baru ini meluncurkan software yang disebut Autodesk Buildeing Design Suite. Sebuah portofolio perangkat lunak komprehensif yang menggabungkan Building Information Modeling (BIM) dan peralatan CAD untuk membantu spesialis bangunan gedung dan konstruksi untuk mendesain, mensimulasi, memvisualisasi dan membangun gedung yang lebih baik. Tersedia dalam tiga versi yaitu Standard, Premium, dan Ultimate. Autodesk Building Design Suite ini memberikan keuntungan dengan portofolio Autodesk yang mendalam dan luas dari model perangkat lunak yang cerdas dan layanan cloud yang telah berkembang.
0611PP-AdeskSuite-1_0
Akses perangkat lunak yang fleksibel yang disediakan Autodesk Building Design Suite memberikan palet yang lebih luas sehingga spesialis desain bangunan dan konstruksi dapat memilih solusi terbaik untuk pekerjaannya dan merespons perubahan kebutuhan bisnis dengan cepat. Produk terbaru dalam Building Design Suite mencakup :
  • Autodesk ReCap :Tersedia untuk seluruh pengguna Autodesk Building Design Suite 2014, Autodesk ReCap memungkinkan arsitek, insinyur dan kontraktor untuk membuat data 3D yang cerdas dari scan laser dan objek yang terfoto. Tidak hanya memulai dari lembaran kosong, kini Autodesk ReCap memungkinkan desainer, arsitek atau insinyur untuk menambah, memodifikasi, memvalidasi dan mendokumentasikan proses desain mereka ke dalam konteks dari data yang telah ada.
  • Autodesk Raster Design : Penyunting raster yang handal dan alat konversi raster to vector yang dapat membantu arsitek, insinyur dan kontraktor meningkatkan informasi visual dalam perencanaan bangunan.
  • Autodesk InfraWorks 2014 (dahulu Autodesk Infrastructure Modeler) :Mempermudah pembuatan, evaluasi dan komunikasi proyek bangunan dalam konteks situs yang lebih luas – membantu arsitek dan perencana perumahan untuk menambah kecepatan transaksi dan membuat keputusan.
Peningkatan-peningkatan PentingDalam Building Design Suite meliputi:
  • Peningkatan Autodesk Revit 2014 : Dirancang secara spesifik untuk BIM, Autodesk Revit 2014 menggabungkan fitur untuk desain arsitektur, MEP dan teknik terstruktur dan juga untuk konstruksi.
  • Peningkatan Interoperabilitas : Meningkatkan interoperabilitas di antara teknologi yang memungkinkan kolaborasi yang lebih efektif, termasuk peningkatan IFC, DWFTM, DWGTM/DXFTM, dan 3D solids. Selain itu terdapat peningkatan interoperabilitas antara AutoCAD dan Revit yang memudahkan perusahaan untuk transisi ke BIM.
  • Peralatan Kuantifikasi Terbaru dalam Navisworks Manage dan Navisworks Simulate : Memungkinkan pelanggan bangunan untuk mengubah kuantitas dari model agregat ke dalam sebuah proyek dengan mudah.
Autodesk Building Design Suite Ultimate 2014 ini dirancang untuk arsitek, insinyur dan ahli konstruksi yang membutuhkan seperangkat peralatan optimal untuk desain bangunan dan konstruksi. Edisi Premium meliputi seluruh produk dalam edisi Standard dan tambahannya: Autodesk Revit 2014Autodesk 3ds Max Design 2014, and Autodesk Navisworks Simulate.
0618121
Corporation telah merilis versi kedelapan dari Bentley MicroStation Descartes dengan mengedit penuh 24-bit grafis. Versi ini adalah satu set program untuk memenuhi tantangan visualisasi, pemetaan dan konversi data raster ke vektor. Dengan desain yang memperhitungkan permintaan account untuk rekayasa spesialis sipil, geo-engineering disiplin, arsitektur.
Microstation Descartes menyediakan berbagai macam fitur performa tinggi untuk bekerja dengan bitmap hitam dan putih dan warna. Descartes dilengkapi dengan alat yang kuat untuk transformasi, geokoordinirovaniya, mosaicking, penyaringan dan peningkatan citra. Sistem ini didasarkan pada kecepatan tinggi manajer platform grafis raster, yang merupakan bagian dari Microstation V8. Microstation Descartes juga dapat disesuaikan untuk memastikan bahwa proses manufaktur yang memerlukan otomatisasi dan antar muka konfigurasi.
i2 3d_modeling_microstation
Microstation V8 Descartes memiliki karakteristik utama sebagai berikut:
  • Kinerja tinggi penuh-sistem untuk bekerja dengan biner, gambar grayscale dan warna bit 1, 4, 8, 11 dan 24 bit.
  • Dukungan penuh (tanpa konversi) format file yang paling umum raster dan metode kompresi.
  • Kemampuan untuk melihat dan mengedit file Mr SID dan
  • Visualisasi dari raster overlay pada model .
  • Strap pada transformasi citra raster lainnya.
  • Kemampuan untuk membuat mosaik dan montages foto.
  • Otomatis dan semi-otomatis konversi raster ke data vektor, pengenalan teks.
  • Sistem ini dapat beroperasi sebagai klien Penerbit Bentley.
Autodesk Revit Architecture adalah perangkat lunak yang mudah digunakan sebagai alat design konsepsual yang mendukung aliran kreatif pengguna. Sketsa bebas menciaptakan model free shapes yang lebih mudah, dan memanipulasi bentuk interaktif. Pengguna dapat menentukan bentuk dan geometri sebagai komponen bangunan yang nyata untuk transisi untuk mendesain pengembangan dan dokumentasi, seperti pengguna desain. Autodesk Revit Architecture menawarkan tingkat kontrol yang lebih besar, akurasi, dan fleksibilitas.
Fitur ini meningkatkan kemampuan Autodesk Revit Architecture untuk proyek besar seperti rendering, percetakan, upgrade model dan mengimport atau eskport file.
Material take off : sebuah aplikasi tool untuk menghitung jumlah material rinci. Presisi untuk desain berkelanjutan dan kuantitas pemerikasaan bahan di perkiraan biaya, material take off memfasilitasi pelacakan kuantias bahan. Mesin perubahan parametric membantu memastikan bahwa perhitungan material akurat.
fig5
Autodesk Revit Architecture merupakan software Building Information Modeling (BIM). Aplikasi BIM lebih dari sekedar aplikasi 3D modeling. Jika anda bekerja dengan model 3D, anda hanya dapat menggunakannya untuk visualisasi. Sementara dengan BIM, anda dapat melakukan jauh lebih banyak
Berbeda dengan AutoCAD yang merupakan aplikasi CAD untuk umum, aplikasi BIM didesain khusus untuk para arsitek dan insinyur yang berkaitan dengan bangunan. Secara ringkas, BIM dapat diartikan anda membuat dan menggunakan model virtual dari bangunan. Sama seperti halnya jika anda membangun bangunan sesungguhnya, anda juga melakukan hal yang sama di Revit.
top--important-rendering-tips-in-autodesk-revit-architecture
Karena anda membuat model bangunan sesungguhnya, anda dapat mengambil data apapun yang anda butuhkan dari model tersebut. Denah, tampak, potongan, schedule (bill of quantity) adalah sebagian dari data yang dapat anda gunakan. Lebih jauh, anda dapat menampilkannya dalam color fill, perspektif 3D, raytraced image (rendering), detailed drawing dan hampir semua yang anda butuhkan dalam mendesain bangunan. Revit Architecture juga mendukung penggunaan aplikasi analisis seperti analisis struktur, analisis green building, heat load (beban pendingin/pemanas ruangan), dan berbagai analisis lain. Pendeknya, sebelum anda membuat bangunan sesungguhnya, anda dapat menganalisanya terlebih dahulu dengan membuat model Revit! Karena Revit Architecture memang didesain untuk arsitek, anda dapat bekerja seperti yang biasa dilakukan arsitek. Termasuk cara konvensional, yaitu dengan mendesain layout denah.
Blender adalah program visualisasi 3D yang mempunyai fitur cukup lengkap. Kalau anda tidak asing dengan 3ds MAX, Maya, Cinema 4D  atau aplikasi 3d lainnya, maka anda akan mempunyai gambaran tentang apa itu Blender.
Download-3Ds-MAX-2014-Free-Setup-64bit z1xpro9text
Software blender memiliki fitur-fitur yang cukup lengkap dan mendukung untuk visualisasi 3D. Fitur-fitur tersebut adalah :
  • Modelling: adalah proses pembuatan objek 3D dengan teknik tertentu.
  • Rigging: adalah metode pemberian/pemasangan kerangka pada objek untuk selanjutnya di animasikan.
  • Texturing: adalah proses pemberian gambar tertentu pada permukaan objek agar terkesan lebih realistis.
  • Simulation: Dengan menggunakan fitur simulasi ini, anda akan bisa membuat objek berinteraksi dengan objek lainnya seperi dunia nyata. tabrakan, berat, elastisitas dan kekuatan bisa anda atur sedemikian rupa. selain itu, andapun bisa membuat animasiair, api maupun asap dengan simulasi ini.
  • Rendering: adalah proses review pada scene. hasil dari pemberian tekstur, cahaya dan lainnya pada scene akan terlihat ketika dirender.
  • Compositing: adalah proses penggabungan. Inilah kelebihan blender dari program 3D lainnya, yaitu mempunyai fitur compositing.
  • Game Creator: anda bisa membuat game dengan fitur ini.
Lumion menggunakan real-time 3D teknologi untukmerender sebuah pekerjaan. Teknologi ini bias memudahkan untuk merender gambar dalam hitunganyang cepat.
Lumion sangat mudah digunakan dan dimenerti, tidak ada waktu eksak dan pelatihan dibutuhkan dan hasilnya akan muncul bersamaan dengan extensive 3D objek dan material library.
1 2
Edisi software :
  • Lumion 2.x Free, adalah versi demo dengan fungsi terbatas is the demo version with limited functionality and content.
  • Lumion 2.x, adalah full versi dari lumion 2.x free
  • Lumion 2.x Pro, top level dari segi konten dan fungsi
lumion-2-classic-house
Sumber: https://yanaapratamaa.wordpress.com/2014/09/28/software-pendukung-kegiatan-arsitek/
Mimin Opers
SOFTWARE PENDUKUNG KEGIATAN ARSITEK (DOWNLOAD) - written by Mimin Opers , published at Wednesday, November 05, 2014, categorized as Free Download , Free Software , Ilmu Pengetahuan , Informasi . And have 0 komentar
No comment Add a comment

1. Berkomentarlah menggunakan kalimat yang baik dan sopan, serta sesuai topik Artikel di atas. Komentar yang tidak sesuai topik akan dihapus.

2. Tidak diperbolehkan menggunakan link hidup atau live link, link akan otomatis terhapus guna mencegah spam.

3. Sebelum bertanya, pastikan sobat sudah membaca seluruh isi Artikel.

4. Jika bertanya sesuatu, jangan lupa untuk memberi tanda centang pada Beri tahu saya atau Notify me agar sobat menerima pemberitahuan balasan melalui email.

5. Follow blog M-TAJUDDIN-NS untuk mendapatkan update Artikel terbaru dan jangan lupa tekan tombol share jika sobat merasa Artikel di atas bermanfaat.

Cancel Reply
GetID

Arsip Artikel

Subscriber

Copyright ©2013 Info Mayata by
Theme designed by Damzaky - Published by BLOG MR.W
Powered by Blogger
-->